Menteri PUPR: Vaksin dan UU Cipta Kerja Akan Bangkitkan Sektor Properti

image

PropertiNews.id, Tangerang – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono optimis mengatakan bahwa hadirnya vaksin Covid-19 dan diterbitkannya UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Ciota Kerja akan Kembali membangkitkan pasar property pada tahun 2021 mendatang. Basuki juga mengatakan, pihaknya berharap dengan adanya program vaksin untuk rakyat dapat menggairahkan aktivitas masyarakat dan adanya omnibus law mempermudah perizinan regulasi pembangunan perumahan di Kawasan dan daerah, berdampak pada pulihnya ekonomi dan bangkitnya sector property tahun depan.

“Mungkin nanti FLPP yang telah dianggarkan untuk tahun depan akan kita evaluasi untuk bisa dilakukan penambahan apabila memang dibutuhkan oleh masyarakat” kata Basuki.

Dengan adanya vaksin, diharapkan masyarakat kepercayaannya kembali bergairah untuk bergeliat dalam mengaktifkan kembali roda perekonomian nasional.

Basuki melihat subsidi FLPP ini sangat menarik, bunga lima persen dan subsidi uang muka sebesar Rp4 juta tunai untuk rakyat dalam rangka mengurus administrasi, serta dokumen-dokumen penting terkait. Dengan demikian, masyarakat benar-benar bisa memiliki rumah dengan angsuran sekitar Rp600 sampai dengan Rp700 ribu per bulan.

Sejak 5 tahun lalu, Presiden Joko Widodo mencanangkan program perumahan yakni pembangunan 1 juta rumah yang layak huni. Pada 2020 ini, diyakini bisa tercapai 900.000 rumah dengan pembiayaan APBN maupun pembiayaan perumahan dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Pada tahun 2021 mendatang, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp18 triliun untuk memberikan subsisi tidak kurang dari 157.500 unit rumah rakyat yang bekerja sama dengan perbankan.

Sebelumnya, Kementerian PUPR melalui Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan 30 Bank Pelaksana/Penyalur dana bantuan FLPP 2021. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo