Pasar Properti di Tangerang Kian Menggeliat

image

PropertiNews.id, Tangerang – Meskipun Indonesia masih dilanda oleh pandemi Covid-19, namun banyak yang optimis jika properti masih menjadi sektor yang akan terus tumbuh. Hal tersebut dikarenakan tren kebutuhan perumahan masyarakat yang terus meningkat.

Pengamat properti dari Savills Indonesia, Anton Sitorus mengatakan, hingga saat ini kawasan Tangerang masih memiliki daya tarik investasi di sektor properti yang cukup menjanjikan. Hal tersebut dikarenakan tersedianya infrastruktur penunjang kawasan yang sangat memadai, sarana dan prasarana transportasi yang memudahkan aksebilitas masyarakat yang terbilang lengkap, seperti mulai dari akses tol hingga commuter line.

Menurut data dari Indonesia Properti Wacth (IPW), secara umum memang tingkat penjualan perumahan di wilayah Banten yang terdiri dari Serang, Cilegon, dan Tangerang (Kota Tangerang, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang) mengalami penurunan.

Begitu pula dengan data dari Indonesia Property Market Index (RIPMI) 2020, median harga rumah untuk wilayah Banten memang mengalami penurunan. Jika di Kuartal IV/2019 median harganya berada di harga Rp15.808.824 per meter persegi, maka di Kuartal I/2020 ini turun menjadi Rp15.625.000 per meter persegi.

Tapi ada hal menarik untuk wilayah Tangerang. Berdasarkan data dari RIPMI 2020, jika di Kuartal IV/2019 median harga properti residensial di Tangerang tercatat di angka Rp 15.972.222 per meter persegi, maka di Kuartal I/2020 di mana bulan Maret pandemi Covid-19 berlangsung, harganya malah bergerak naik menjadi Rp16.319.444 per meter persegi. Lebih spesifik lagi, untuk median harga rumah di Tangerang juga mengalami kenaikan harga. Jika di Kuartal IV/2019 harganya Rp15.789.474 per meter persegi, maka di Kuartal I/2020 menjadi Rp16.190.476 per meter persegi.

Baca Juga:  RUU Cipta Kerja: Perencanaan Rumah Harus Memenuhi Standar

Di kawasan BSD dan Serpong sendiri, banyak pengembang yang menawarkan landed house atau rumah tapak dengan harga yang terjangkau bagi milenial serta dengan beragam promo menarik. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo