Pembangunan Mega Proyek Tol Layang AP Pettarani Makassar, Sudah Capai Tahap Akhir

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pembangunan mega proyek Jalan Tol Layang AP Pettarani Makassar Sulawesi Selatan, saat ini sudah memasuki tahap akhir. Progres pembangunannya kini mencapai 85 persen. Capaian ini didukung oleh selesainya pemasangan span terakhir erection box girder. Adapun jalan tol layang ini merupakan investasi dari PT Bosowa Marga Nusantara (BMN) bersama dengan PT Wijaya Karya Beton (WIKA).

Direktur Utama BMN Anwar Toha mengatakan, proyek jalan tol layang pertama di Kota Makassar dengan panjang 4,3 kilometer ini diperkirakan dapat diselesaikan pada September 2020 ini.

 “Kami optimis dapat selesai di 2020. Apalagi metode pelaksanaan konstruksi yang diterapkan memakai skema span by span method yang menekan risiko gangguan lalu lintas yang muncul saat proses pengerjaan proyek berlangsung” kaya Anwar.

Ia menambahkan, metode baru yang diaplikasikan ini dapat melancarkan kostruksi proyek, meski terjadi kepadatan mobilitas kendaraan di kawasan proyek tersebut.

Baca Juga : PUPR Serah Terimakan Rusun Senilai Rp7,71 Miliar Kepada Kejaksaan Tinggi Kupang

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berharap kualitas konstruksi Tol Layang AP Pettarani ini bisa lebih baik dari Tol Layang Jakarta-Cikampek II.

“Saya berharap suatu ketika sehabis Lebaran saya mau lihat kualitas dari jalan tol layang ini, dan standarnya harus lebih baik dari (tol layang) Jakarta-Cikampek” kata Basuki.

Pemasangan span terakhir ini disaksikan langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melalui video conference. Selain Basuki, terlihat pula Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah, dan Pj Waki Kota Makassar Prof Yusran Yusuf.

Setelah pemasangan span ini masih ada pengerjaan yang harus diselesaikan, seperti pengaspalan, pekerjaan marka dan rambu, serta pengembalian kondisi jalan AP Pettarani. Nantinya, jalan tol layang ini akan melengkapi jalan tol Ujung Pandang Seksi I dan II yang telah beroperasi saat ini.

Nantinya, selain berkontribusi mengurangi kemacetan lalu lintas di Kota Makassar, kehadiran tol layang AP Pettarani ini juga untuk mendukung jalur logistik yang menguhubungkan pusat Kota Makassar dengan Pelabuhan Petikemas Soekarno Hatta Makassar dan Bandara Sultan Hassanudin. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo