Pemerintah Ingin Ibu Kota Baru Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

image

PropertiNews.id, Tangerang – Presiden Joko Widodo ingin Indonesia menjadi tuan rumah ajang Olimpiade pada tahun 2032 mendatang. Saat ini, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) tengah memperjuangkan hal tersebut. Ibu Kota Negara (IKN) yang baru akan diusulkan menjadi lokasi acara Olimpiade 2032.

Indonesia telah memasukkan penawaran sebagai tuan rumah ke The International Olympic Committee (IOC). Pengumuman hasil akan dilakukan oleh IOC pada 2025, atau satu tahun setelah beroperasinya ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga mengungkapkan, nantinya akan ada klaster khusus olahraga di wilayah ibu kota baru. Selain itu, pembangunan ibu kota baru juga akan dilakukan secara bertahap, dan dilakukan pada periode pertama 2020-2024.

Baca Juga : Pemerintah Indonesia dan Belanda Sepakat Perpanjang Kerjasama Manajemen Pengendali Banjir

Sumber Reuters mengatakan, Pemerintah Indonesia saat ini sedang dalam pembicaraan awal dengan Chief Executive Officer (CEO) SoftBank Masayoshi Son dan investor lain untuk dukungan menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

“Menurut sumber, Son terbuka untuk proposal olimpiade, yang bisa dilihat SoftBank menyediakan bantuan untuk perhelatan dan perusahaan transportasi terbesar Asia Tenggara yang didukung SoftBank, Grab, sebagai ‘rekanan mobilitas’,” tulis Reuters.

Sebelumnya, Ketua KOI Raja Sapta Oktohari menyampaikan bahwa Presiden Widodo ingin agar Olimpiade 2032 bisa diselenggarakan di Jakarta. Hal itu karena Jakarta telah memiliki fasilitas pendukung yang lengkap dan telah teruji ketika menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018. Namun karena satu dan lain hal, Presiden Jokowi ingin melakukan perhelatan olahraga 4 tahunan itu di Ibu Kota Baru Indonesia. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo