Pencarian Rumah Subsidi Meningkat selama PSBB

image

Propertinews.id, Tangerang – Pusat Pengelolaan dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR menyalurkan dana bantuan pembiayaan perumahan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) melalui rumah subsidi. Layanan FLPP tersebut disalurkan dalam bentuk teknologi informasi yang membentuk sistem online terpadu melalui Aplikasi SiKasep (Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan) dan SiKumbang (Sistem Informasi Kumpulan Pengembang).


Dilansir dari portal media medcom.id, penerapan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar kembali di Jakarta ternyata berpengaruh pada peningkatan akses dalam kedua aplikasi tersebut. Sebanyak 224.800 calon debitur terdaftar, 93.092 calon debitur sudah dinyatakan lolos subsidi, dan sebanyak 10.927 calon debitur masih dalam proses verifikasi bank pelaksana.


Hal ini merupakan pelonjakan yang cukup besar, apalagi mengingat sebanyak 88.410 calon debitur pembeli rumah bersubsidi sudah menerima dana FLPP. Arief Sabaruddin selaku Direktur Utama PPDPP mengungkapkan, situasi yang ada saat PSBB meningkatkan minat masyarakat untuk mengakses SiKasep dan mengajukan permintaan rumah bersubidi.


Dari data laman resmi PPDPP, realisasi penyaluran FLPP sejak awal penerapan PSBB hingga 14 September 2020, memiliki total dana sebanyak Rp9 triliun untuk 88.410 unit. Total dari seluruh dana yang disalurkan sejak 2010 hingga 2020 adalah 744.012 unit atau senilai Rp53,37 triliun.


Rencananya, target penyaluran FLPP tahun depan akan terus ditingkatkan guna mendukung perekonomian masyarakat untuk memiliki rumah. Tantangan ini tentu perlu kerjasama dan hubungan yang baik antar pemerintah, developer perumahan, dan juga berbagai pihak lain yang turut berpartisipasi dalam menyediakan rumah subsidi bagi warga. (JES)

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo