Penjualan Rumah Tapak Mendominasi Selama Masa Pandemi

image

PropertiNews.id, Tangerang – Setelah sempat mengalami penurunan yang cukup tajam akibat diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai wilayah karena pandemi Covid-19, kini sektor properti mulai mengalami pemulihan setelah kebijakan PSBB dilonggarkan. Adapun tren hunian rumah tapak mendominasi penjualan properti saat ini.

Berdasarkan temuan dari Indonesia Property Watch (IPW), rumah tapak masih dilihat sebagai instrumen investasi yang paling dipercaya karena memiliki keseimbangan pasar. Peminatnya ada di semua kalangan, mulai dari kalangan menengah bawah hingga menengah atas.

Tren pada kuartal II/2020 terdapat permintaan rumah tapak khususnya di Jabodetabek meningkat sekitar 89 persen dari kuartal I/2020 yang hanya 1.229 unit. Pada kuartal I/2020 saat mulai pandemi, terjadi penurunan permintaan hunian tapak dari kuartal IV/2019 yang mencapai 2.478 unit.

Sementara dalam riset terbaru CLSA and CL Securities Taiwan, Co.Ltds bertajuk Indonesia Property Sector Outlook disebutkan sejak Juli, sejumlah pengembang mulai aktif untuk meluncurkan proyek properti baru seiring dengan membaiknya permintaan dari konsumen properti.

Pemulihan yang kuat dipimpin oleh rumah tapak dan ruko komersial di mana permintaan paling besar tercatat berada di Jakarta. Area Jakarta juga menjadi kontributor penjualan terbesar di kuartal tiga 2020.

Baca Juga: Meikarta Raih 2 Penghargaan Indonesia Property Awards dari PropertyGuru

Adanya cerukan pasar properti yang cukup besar di market millenial menyebabkan permintaan terus meningkat. Tak hanya itu, stimulus dari kalangan perbankan dengan bunga KPR yang rendah atau single digit dan juga paket KPR yang memudahkan bagi konsumen dan pembeli rumah pertama untuk melakukan pembelian propertinya melalui bank.

Kecenderungan perubahan perilaku konsumen pada saat pandemi Covid-19 yang harus menghabiskan waktunya di rumah sehingga membutuhkan rumah yang lebih nyaman secara desain dan didukung oleh fasilitas yang baik, juga menjadi salah satu alasan mengapa penjualan rumah tapak saat ini mulai meningkat. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo