Per April 2021, Bisnis Properti di Sulawesi Tenggara Tumbuh 70 Persen

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebutkan per April 2021, sektor properti di daerah Sultra mengalami pertumbuhan yang cukup baik hingga 70 persen. Adapun faktor pendorong pertumbuhan sektor properti ini di antaranya penyesuaian kebijakan dari Bank Indonesia mengenai batasan rasio loan to value (LTV), dan batasan rasio financing to value (FTV) untuk kredit atau pembiayaan properti dalam kemudahan untuk memperoleh kredit melalui perbankan.

Deputi Kepala Tim Perumusan dan Implementasi Kebijakan dan Keuangan Daerah KPwBI Sultra, Taufik Ariesta mengatakan, faktor lain yang mendorong pertumbuhan properti di Sultra yakni semakin menggeliatnya aktivitas dan perusahaan pertambangan di daerah itu seperti tambang nikel, aspal buton, dan emas.

“Penyesuaian kebijakan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi perekonomian serta tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko”, kata Ariesta.

Tak hanya itu, dari sisi kebijakan pemerintah terkait izin mendirikan bangunan (IMB), diganti dengan persetujuan bangunan gedung (PBG) yang diketahui hal ini sangat memudahkan dan mempercepat perizinan mendirikan bangunan bagi developer atau pengembang perumahan serta masyarakat pada umumnya.

Sektor properti yang menggeliat memberikan dukungan konsumsi karena sektor properti merupakan salah satu sektor potensial dengan forward dan backward linkage tinggi dan dengan total penyerapan tenaga kerja yang tinggi.

Dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional, diperlukan kebijakan makroprudensial yang akomodatif untuk mendorong sektor perbankan menjalankan fungsi intermediasi yang seimbang dan berkualitas antara lain melalui penyaluran Kredit Properti (KP), Pembiayaan Properti (PP), dan penyaluran Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), Pembiayaan Kendaraan Bermotor (PKB). (ZH)    

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo