PHRI : Ribuan Hotel di Indonesia Tutup Karena Pandemi COVID-19

image

PropertiNews.id, Tangerang – Mewabahnya virus corona atau COVID-19 di Indonesia, membawa dampak yang kurang baik bagi berbagai sektor termasuk hotel dan restoran. Dari data yang dimiliki oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) tercatat sebanyak hampir 1200 hotel di Indonesia tutup sementara per awal April 2020. Dengan semakin meluasnya virus ini, bukan tidak mungkin angka penutupan hotel di Indonesia akan semakin bertambah.

Selain hotel, ada 286 restoran dan tempat hiburan yang tutup. Hal karena menurunnya tingkat tamu atau wisatawan yang berkunjung karena pandemi.

Wakil Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran membenarkan tentang data yang dikeluarkan oleh pihak PHRI.

“Ya, itu memang daftar kami keluarkan. Ada sekitar 1.139 totel tutup sementara. Saya yakin masih lebih banyak dari itu. Itu kita collect (mengumpulkan) datanya melalui Badan Pimpinan Daerah Seluruh Indonesia. Jadi setiap hari mereka update data terus jika ada yang tutup lagi” kata Maulana.

Baca Juga : Pemerintah Daerah Pesisir Selatan Gratiskan Pajak Hotel dan Restoran Selama 3 Bulan

Maulana menambahkan, tutupnya sejumlah hotel juga karena operator yang tidak mampu menanggung biaya operasional tanpa adanya pemasukan dari cashflow atau arus kas. Kondisi ini juga menyebabkan sejumlah hotel merumahkan karyawannya.

PHRI berharap pemerintah dapat melakukan relaksasi berupa kemudahan membayar listrik, has, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), THR dan iuran BPJS bagi karyawan. Diharapkan juga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dapat menjadi jembatan untuk suara dari industri dengan pemerintah. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo