Program SIBARU Diluncurkan, Pemda Diminta Tingkatkan Penyediaan Sejuta Rumah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian PUPR meluncurkan program Sistem Informasi Usulan Pembangunan Perumahan (Sibaru). Diluncurkannnya program ini agar adanya sinkronisasi program perumahan antara Pemerintah Daerah (Pemda) dan Kementerian PUPR untuk dapat meningkatkan penyediaan perumahan melalui Program Sejuta Rumah.

Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Perumahan Dwityo Akoro Soeranto mengatakan, kegiatan sinkronisasi dan koordinasi program perumahan antara pusat dan daerah merupakan bagian dari proses penjaringan program dan rencanan penganggaran yang dilaksanakan Ditjen Perumahan.

“Saat ini Pemda dapat mengajukan usulan program perumahan melalui SIBARU. Pengajuannya dilaksanakan oleh petugas dari dinas perumahan daerah” kata Dwityo.

SIBARU merupakan suatu sistem berbasis elektronik dan daring (online) yang dirancang untuk mendukung proses bisnis di lingkungan Ditjen Perumahan mulai dari tahap pengusulan bantuan, monitoring pelaksanaan, sebaran hasil pelaksanaan hingga akhirnya bantuan tersebtu dihuni dan/atau diserahterimakan ke calon penerima manfaat.

Baca Juga : Habiskan Dana Rp1,2 T, Kereta China Tanpa Rel akan Hadir di Bali Tahun 2024

Program ini juga menjadi salah satu sistem pendukung pelaksanaan program strategis nasional program sejuta rumah. Melalui sistem ini, Kementerian PUPR ingin mempermudah, mempersingkat dan membantu penerima manfaat bantuan perumahan seperti pemerintah daerah, masyarakat, serta pengembang dalam proses pengajuan pengusulan program perumahan yang dibutuhkan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Selain itu, SIBARU juga dapat mengurangi penggunaan kertas karena menggunakan pengajuan pengusulan program perumahan dengan sistem digital. Sibaru ini juga salah satu inovasi baru pelayanan publik untuk membanu program pengentasan kemiskinan pemerintah. Hal itu dikarenakan melalui sistem informasi tersebut, Kementerian PUPR ingin agar seluruh masyarakat Indonesia bisa memiliki rumah yang layak hui serta meningkatkan kesejahteraan keluarganya. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo