Progres Konstruksi Capai 77%, Jembatan Sei Alalak Ditargetkan Rampung Maret 2021

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional Wilayah I Kalimantan Selatan Direktorat Jenderal Bina Marga saat ini tengah membangun Jembatan Sei Alalak sepanjang 850 meter di Banjarmasin. Adapun progres konstruksi dari jembatan yang akan menjadi ikon baru Banjarmasin ini, telah mencapai 77 persen dan ditargetkan akan rampung pada Maret 2021 mendatang.

Menteri PUPR Basuki Hadimujono mengatakan, keberadaan jalan nasional dan jembatan diharapkan dapat mendukung kegiatan ekonomi kawasan dan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Keberadaan Jalan Lintas Kalimantan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan di sekitarnya dimana jalan tersebut melewati area perkebunan seperti sawit, karet, dan pertambangan. Jadi akan mempercepat transportasi logistik” kata Basuki.

Jembatan Sei Alalak sendiri dibangun untuk menggantikan Jembatan Kayu Tangi 1 yang telah berusia sekitar 30 tahun dan menjadi jalur utama akses Kota Banjarmasin dengan berbagai wilayah di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Penggantian jembatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kapasitas jaringan jalan Provinsi Kalimantan Selatan yang berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Pembangunan Jembatan Sei Alalak didesain untuk dapat dilintasi oleh kendaraan dengan tonase maksimal 10 ton, lebih kuat dari struktur jembatan lama Kayu Tangi 1 yang berasal dari rangka baja kelas B dengan kemampuan menahan beban kurang dari delapan ton. Selain itu, juga telah diperhitungkan kekuatan jembatan ini dengan konstruksi tahan gempa, dan masa layanan hingga 100 tahun.

Adapun pengerjaan Jembatan Sei Alalak ini menggunakan dana dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Tahun 2018 – 2021 senilai Rp278 miliar dengan kontraktor PT Wijaya Karya (Persero) Tbk – PT Pandji, KSO dengan skema pekerjaan tahun jamak (multiyears). (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo