PUPR Alokasikan Bantuan PSU Sebanyak 11.514 Unit Rumah Subsidi di Tahun 2020

image

PropertiNews.id, Tangerang – Untuk terus meningkatkan kualitas perumahan layak huni bagi masyarakat, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyalurkan bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) bagi pelaku pembangunan rumah untuk membangun rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sekaligus untuk mencapai target program sejuta rumah. Adapun di tahun 2020 ini, PUPR mengalokasikan bantuan PSU sebanyak 11.514 unit rumah subsidi dengan anggaran sebesar Rp102 miliar.

“Program ini merupakan bentuk nyata keseriusan pemerintah untuk mewujudkan cita-cita terpenuhinya kebutuhan rumah bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama rumah terjangkau layak huni dan berkualitas bagi MBR” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Sementera itu, Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, M Hidayat mengatakan, mereka siap membantu pengembang rumah subsidi untuk menyalurkan bantuan PSU. Menurutnya, bantuan PSU tersebut akan sangat membantu para pengembang perumahan bersubsidi, terutama mengingat pada saat ini rumah subsidi sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Adapun bantuan PSU ini mencakup pekerjaan seperti jalan lingkungan, penyediaan jaringan air bersih dan tempat pembuangan sampah terpadu kepada pengembang perumahan yang membangun perumahan MBR.

Dengan adanya bantuan PSU ini diharapkan bisa mendorong pengembang untuk membangun lebih banyak rumah bersubsidi untuk masyarakat Indonesia. Selain itu, dengan dibangunnya PSU pemerintah ingin agar masyarakt yang tinggal di rumah subsidi dapat tinggal dengan lebih nyaman.

Baca Juga : Melalui Pelatihan Bidang Properti, BTN Cetak 24 Ribu Pengembang Muda

Bila rumah bersubsidi memiliki fasilitas yang baik, maka tentunya juga akan membuat generasi milenial lebih tertarik untuk memiliki aset hunian tersebut.

Tercatat, hingga saat ini penyaluran bantuan PSU progresnya sudah mencapai 81% yang tersebar di 116 lokasi. Para pengembang bisa mengajukan usulan bantuan PSU kepada Kementerian PUPR dengan berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

Adapun dalam kurun waktu 2015 hingga 2019, Kementerian PUPR telah menyalurkan bantuan PSU untuk 119.695 unit rumah bersubsidi secara nasional. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah seiring dengan kebutuhan rumah bersubsidi setiap tahunnya. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo