PUPR Luncurkan Sibaru, Mudahkan Pemerintah Daerah Usulkan Bantuan Perumahan untuk Masyarakat

image

PropertiNews.id, Tangerang – Sebagai dukungan untuk memudahkan pemerintah daerah dalam mengusulkan bantuan perumahan untuk masyarakat, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyusun Sistem Informasi Bantuan Perumahan atau Sibaru. Nantinya Pemerintah Daerah dapat mengusulkan bantuan perumahan tanpa perlu melakukan tatap muka. Sibaru juga dapat memastikan koordinasi program perumahan tetap berjalan, dan memangkas waktu pengajuan proposal, serta mendorong pengawasan program perumahan untuk masyarakat di daerah.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid mengatakan, Sibaru merupakan inovasi untuk mengajak pemerintah daerah lebih bersemangat melaksanakan program sejuta rumah di seluruh Indonesia. Pasalnya, rumah layak huni merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat yang tetap harus dipenuhi.

“Pada masa pandemi Covid-19 ini kami tetap menerima usulan bantuan perumahan dari pemerintah daerah melalui Sibaru untuk lebih memudahkan dengan memanfaatkan teknologi informasi”, kata Khalawi.

Ia menambahkan, Kementerian PUPR akan terus mendorong pembangunan infrastruktur dan perumahan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu upaya untuk membantu masyarakat memiliki rumah layak huni adalah melalui pelaksanaan program Sejuta Rumah.

Melalui program Sejuta Rumah, pemerintah mendorong gerakan bersama antar pemangku kepentingan bidang perumahan untuk meningkatkan jumlah pembangunan rumah di Indonesia. Rumah yang layak huni juga dinilai mampu meningkatkan kesehatan masyarakat agar bisa terhindar dari papadan virus Covid-19.

Pemerintah Daerah dapat mengakses aplikasi Sibaru melalui mesin pencari dengan mengakses laman sibaru.perumahan.pu.go.id atau dengan mengklik tombol Sibaru pada bagian aplikasi di websiter Direktorat Jenderal Perumahan yakni www.perumahan.pu.go.id.

Aplikasi Sibaru memiliki saluran bantuan atau helpdesk terkait pengusulan bantuan perumahan. Apabila pemerintah daerah ingin bertanya terkait pengusulan bantuan perumahan, dapat menghubungi hotline aplikasi Sibaru di nomor handphone 0821 2267 7894 (via chat Whatsapp pada hari kerja dan jam kerja) atau via email ke [email protected]. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo