PUPR Salurkan Bantuan PSU Sebanyak 4.212 Rumah Subsidi di Kalimantan

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya untuk meminimalisir adanya rumah tak layak huni (RTLH) di berbagai wilayah di Indonesia. Oleh sebab itu, berbagai program bantuan digulirkan, salah satunya bantuan Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU). Kali ini, Kementerian PUPR menyalurkan bantuan PSU untuk 4.212 rumah subsidi di Kalimantan.

Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Fitrah Nur mengatakan, negara wajib hadir untuk memenuhi hak dasar setiap masyarakat dalam memiliki tempat tinggal. 

“Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan memberi bantuan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) serta menysun dan menyediakan basis data perumahan dan kawasan permukiman” kata Fitrah. 

Adapun penyaluran PSU ini diharapkan dapat memacu semangat para pengembang perumahan untuk lebih banyak membangun rumah bersubsidi serta dapat memberikan hunian yang nyaman bagi masyarakat. 

Untuk rincian realisasi bantuan PSU Tahun Anggaran 2021 wilayah Kalimantan antara lain Provinsi Kalimantan Barat sebanyak 1.367 unit, Provinsi Kalimantan Tengah 321 unit, lalu Provinsi Kalimantan Selatan 1.623 unit, Provinsi Kalimantan Timur 771 unit, dan Provinsi Kalimantan Utara sebanyak 130 unit. 

Fitrah menambahkan setidaknya ada tiga landasan filosofi penyaluran PSU. Pertama, untuk memberi stimulus bagi pelaku pembangunan dalam membangun rumah MBR. Kedua, untuk mendorong capaian target Program Sejuta Rumah (PSR) khususnya melalui peran pelaku pembangunan. Ketiga, memberikan manfaat bagi MBR untuk memperoleh rumah layak huni dan terjangkau dalam bentuk rumah tunggal dan rumah deret di lingkungan perumahan yang dibangun oleh pelaku pembangunan.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Kalimantan II Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, H Hujurat didampingi Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Timur, Mustofa Otfan dan Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Selatan, Erpika Ansela Surira mengungkapkan, adanya bantuan PSU ini sangat membantu para pengembang untuk membangun rumah khususnya rumah bersubsidi untuk MBR di wilayah Kalimantan. (ZH)    

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo