Rampung, Tol Manado-Bitung Resmi Beroperasi

image

Propertinews.id, Tangerang – Jalan Tol pertama di Sulawesi yang menghubungkan Manado-Bitung resmi beroperasi pertanggal (29/9). Peresmian ini dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

"Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu saya resmikan hari ini," ucap Jokowi saat melakukan peresmian Tol Manado-Bitung.

Dalam acara tersebut, Jokowi mengatakan jika Tol Manado-Danowudu sepanjang 26,35 kilometer ini sudah ra,pung dan bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha dan memudahkan transportasi masyarakat.

Jokowi juga menambahkan bahwa Provinsi Sulawesi Utara memiliki potensi ekonomi yang harus dikembangkan, terutama dari sektor perikanan, pertanian, perkebunan, hingga destinasi wisatanya. Oleh karena itu jalan tol ini dibangun guna mendukung sektor ekonomi di Provinsi Sulawesi yang kaya akan potensi.

Selain itu, dengan adanya Tol Manado-Bitung dapat memangkas biaya logistic di Pelabuhan Internasional Bitung menjadi lebih rendah. Jokwoi percaya jika tol ini bisa mendatangkan investasi dan membuka peluang usaha baru dan diharapkan juga dapat meningkatkan lapangan pekerjaan.

Jalan Manado-Bitung  memiliki gerbang tol yang berjarak 9 kilometer yang bisa ditembuh selama 12 menit menuju Bandara Sam Ratulangi. Adapun total panjang jalan tol pertama di Sulawesi ini yaitu 39 kilometer yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

Jalan tol Manado-Bitung juga terdiri dari dua seksi, yakni Manado-Airmadidi sepanjang 14 kilometer yang dibangun pemerintah dan Airmadidi-Bitung sepanjang 25 kilometer yang dibangun oleh PT. JMB. (MDA)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo