REI Ungkap Sejumlah Peluang yang Dapat Gairahkan Kembali Sektor Properti 2021

image

PropertiNews.id, Tangerang – Asosiasi Real Estate Indonesia (REI) mengungkapkan ada sejumlah peluang yang dapat menggairahkan kembali kebangkitan sektor properti pada tahun 2021 mendatang. REI bahkan mengusulkan sejumlah upaya yang dilakukan pemerintah untuk membangkitkan sektor properti di Indonesia.

Optimisme terhadap kebijakan pemerintah ini juga dirasakan pengembang properti yang sejak pertengahan tahun 2020 praktis mengalami penurunan penjualan terutama untuk sektor komersial dan hunian di atas Rp1 miliar.

Adapun peluang pertama menurut REI ialah Presiden Joko Widodo sudah menyatakan bahwa akan dilakukan vaksinasi Covid-19 secara gratis untuk 182 juta penduduk. Hal ini merupakan kabar baik untuk masyarakt. Selain itu, peluang lainnya adalah pembangunan infrastruktur yang meningkat sekitar 47 persen, di mana pembangunan infrastruktur masa pandemi dan kondisi resesi saat ini tidak berhenti namun terus bergulir.

Ketua Umum DPP REI Paulus Totok Lusida mengatakan, usulan yang diberikan REI yakni REI meminta tambahan kuota rumah subsidi melalui skema subsidi selisih bunga (SSB) sebanyak 130.000 unit.

REI juga meminta agar pemerintah membuka akses kredit perumahan kepada semua segmen. Pasalnya, pada masa pandemi perbankan selektif dengan membatasi konsumen rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) hanya untuk ASN/TNI/Polri/karyawan BUMN dan karyawan swasta yang berpenghasilan tetap.

Sejumlah kebijakan di sektor properti turut membuka peluang kebangkitan sektor properti di tahun 2021, seperti pemulihan ekonomi dengan adanya penurunan suku bunga Bank Indonesia BI7DRR 3,75 persen

Kemudian penurunan suku bunga KPR/KPA dan kenaikan kredit property, anggaran FLPP rumah subsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) meningkat, dan relaksasi properti menengah atas.

Peluang lainnya yakni pemulihan daya beli pencari rumah pertama dan investor, kemudian pasokan pengembang perumahan mengalami peningkatan lewat produk atau klaster baru perumahan. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo