Sektor Perumahan Miliki Peran Strategis untuk Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

image

PropertiNews.id, Tangerang – Sektor properti bidang perumahan dinilai memiliki peran yang strategis dalam mendorong pemulihan ekonomi di tanah air akibat terjadinya pandemi COVID-19. Pasalnya, dampak netto peningkatan nilai tambah sektor perumahan sebesar 1% akan meningkatkan nilai tambah produk domestik bruto (PDB) secara kumulatif sebesar 9,53% pada akhir tahun kelima.

Covid-19 telah menciptakan krisis ekonomi karena aktivitas ekonomi dipaksa untuk berhenti. Namun demikian, muncul aktivitas ekonomi yang tidak bisa dihentikan oleh COVID-19 seperti aktivitas bekerja dari rumah. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Direktur Centre for Banking Crisis, Achman Deni Daruri.

“Untuk itu perlu dibangun rumah-rumah baru agar masyarakat bukan saja mampu memiliki rumah tetapi juga dapat bekerja dari rumah” kata Deni dalam siaran persnya.

Sisi penawasan harus diefektifkan dan diefisiensikan secara optimal untuk tetap mengoptimalkan sektor perumahan. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan skala ekonomis dan skala skope dari bank – bank yang mampu menyalurkan dana bagi sektor perumahan nasional.

Deni juga memeberikan contoh, jika dana FLPP difokuskan hanya kepada BTN, maka efisiensi per unit rumah yang dibangun juga akan semakin murah ketimbang fasilitas yang sama juga diberikan kepada bank lainnya. Pasalnya, BTN memiliki keahlian dalam menyalurkan dana pembangunan rumah dibandingkan dengan bank-bank lainnya.

Baca Juga: 488 Unit Rumah Tak Layak Huni di Kabupaten Morowali akan Dibedah

“Bagi pemerintah target pembangunan satu juta rumah juga dipastikan akan berjalan dengan baik akrena BTN adalah bank yang memiliki spesialisasi dalam pembangunan perumahan” lanjut Deni.

Dampak peningkatan nilai tambah pada sektor perumahan terhadap sektor komunikasi, perbankan, dan sektor keuangan non bank juga positif hingga lima tahun ke depan. Dengan begitu, sangat sulit dicari sektor yang sangat strategis seperti perumahan. Apalagi dampak peningkatan nilai tambah pada sektor perumahan terhadap pengeluaran konsumsi juga positif hingga lima tahun ke depan. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo