Selain UEA, Eks Perdana Menteri Inggris Tertarik Masuk Tim Pemindahan Ibu Kota Baru

image

PropertiNews.id, Tangerang – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memastikan mantan Perdana Menteri Inggris periode 1997-2007, Tony Blair telah bersedia menjadi anggota Dewan Pengarah Pembangunan Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur.

Selain Tony Blair, dua figur asing lainnya dipercaya pemerintah Indonesia untuk menjadi Dewan Pengarah. Kedua orang tersebut adalah Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohammed bin Zayed, dan CEO SoftBank Corp Masayoshi Son.

“Ada pertimbangan yang lain, yaitu proses internasionalisasi. Maksudnya adalah sosialisasi secara internasional sehingga bisa mengundang para investor untuk ikut berperan daam pembangunan ibu kota baru” kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa.

Penunjukan ketiga tokoh itu tidak lepas dari rencana pemerintah yang akan membentuk sovereign wealth fund (SWF) atau badan usaha pengelola investasi.

Baca Juga : Cegah Terjadinya Sengketa Lahan, Menteri Sofyan Bagikan 2.180 Sertifikat Tanah di Subang

Pemerintah tidak mempersoalkan rekam jejak Blair yang pernah membawa Inggris terlibat dalam invasi Irak pada 2003. Pemerintah hanya ingin memanfaatkan Tony Blair untuk membangun ibu kota baru.

Selain mengatur pembangunan ibu kota baru, para dewan pengarah nantinya juga bertugas untuk mempromosikan Indonesia. Sosok MBZ dan Masayoshi juga dianggap berpengaruh.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan bilateral dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Mohamed Bin Zayed pada minggu kemarin, pertemuan tersebut digelar di Istana Kepresidenan Qasr Al Watan Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

Pemerintah UEA menyiapkan dana sebesar USD 22,8 miliat atau kurang lebih Rp312,36 triliun (estimasi kurs 13.700 per dolar AS) untuk berinvestasi di Indonesia. (ZH) 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo