Tahun 2021, Kementerian PUPR Anggarkan Program Perumahan Sebesar Rp8,09 Triliun

image

PropertiNews.id, Tangerang – Untuk meningkatkan rumah layak huni di Indonesia, pemerintah terus mendorong pembangunan perumahan melalui Program Sejuta Rumah. Untuk tahun 2021 mendatang, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menganggarkan sebesar Rp8,093 triliun.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, anggaran tersebut nantinya akan dibagi menjadi dua yakni untuk pelaksanaan Program Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) sebesar Rp7,813 triliun dan Program Dukungan Manajemen sebesar Rp0,28 triliun.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Ditjen Perumahan, alokasi anggaran PKP terebut akan digunakan pada pembangunan rumah susun sebesar Rp4,117 triliun. Anggaran tersebut nantinya akan dimanfaatkan untuk pembangunan sebanyak 9.075 unit rumah yang dibangun di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat, Papua dan termasuk penambahan Rusun Kawasan Industri di Batang, Jawa Tengah dan Subang, Jawa Barat sebanyak 1.428 unit atau 14 menara.

Baca Juga: 400 Rumah di Tabanan Bali di Bedah Kementerian PUPR

Selain itu, Ditjen Perumahan Kementerian PUPR juga akan melaksanakan penyaluran Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebesar Rp2,507 triliun untuk membedah 83.712 unit rumah tidak layak huni (RTLH) yang tersebar di 33 provinsi.

“Kami juga akan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan rumah khusus sebesar Rp0,606 triliun untuk 2.631 unit. Selain itu anggaran yang ada juga digunakan untuk Setditjen, Perencanaan dan Kepatuhan Intern sebesar Rp0,458 triliun” kata Khalawi.

Selanjutnya adalah pembangunan bantuan prasaran, sarana dan utilitas (PSU) rumah umum sebesar Rp0,406 triliun untuk 40 ribu unit rumah bersubsidi.

Khalawi menerangkan, salah satu tujuan Program Perumahan Kementerian PUPR adalah untuk meningkatkan pemenuhan rumah layak huni terutama untuk kelompok masyarakat berpenghasilan rendah. Salah satunya deengan meningkatkan pembangunan rusun, rumah khsusu, rumah swadaya, dan Bantuan PSU. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo