Tahun Depan, Proyek Pembangunan Ibu Kota Baru Masuk Tahap Konstruksi

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pemerintah memastikan rencana pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur, akan tetap berjalan. Pembangunan fisik ibu kota baru akan dilakukan sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan. Adapun pemerintah berencana proyek ibu kota baru ini bisa masuk ke fase konstruksi pada tahun 2021 mendatang.

“Kami masih dalam tahap perencanaan, yang mana kami masih sedang berfokus pada desain dasar ibu kota baru dan penyusunan undang – undang atau payung hukumnya bersama DPR RI. Kami berharap tahun depan, kami bisa beralih ke tahap konstruksi terkait proyek ibu kota baru” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Basuki menambahkan, pemerintah Indonesia tidak bisa bekerja sendiri dalam membangun ibu kota baru ini. Pemerintah tetap harus bermitra atau melakukan kerja sama dengan sektor swasta dari negara lain, karena itu menjadi hal yang penting.

Adapun ibu kota baru Republik Indonesia ini diproyeksikan untuk menjadi sebuah ibu kota yang ramah lingkungan serta mengadopsi teknologi kota pintar atau smart city.

Baca Juga : Penerima Dana FLPP PUPR Capai 68.785 Debitur Per Juni 2020

Basuki juga menambahkan, selama pandemi COVID-19 tidak ada satu pun kegiatan yang dilaksanakan terkait ibu kota negara baru. Selain itu, tidak adanya kegiatan juga memang payung hukum dan undang-undangnya belum ada, sehingga Kementerian PUPR tidak mengalokasikannya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, Pemerintah saat ini sedang fokus pada penanganan COVID-19 sehingga belum ada evaluasi lanjutan mengetai pembangunan ibu kota negara yang baru. Namun bukan berarti proyek ini terhenti atau tidak lagi mengundang investasi. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo