Underpass Kentungan Dibuka, PUPR Berharap Akses Ke Objek Wisata Kaliurang Lancar

image

PropertiNews.id, Tangerang – Setelah memakan waktu lama, yakni sejak Desember 2018, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akhirnya menyelesaikan pembangunan Underpass Kentungan Yogyakarta yang berada di Simpang Empat Jalan Kaliurang – Ringroad Utara.

Underpass ini sudah dibuka dan dapat dilalui oleh pengendara dari dua jalur yakni dari barat dan dari timur sejak 14 Februari 2020.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan underpass ini memberikan manfaat terhadap perekonomian di wilayah sekitarnya.

“Disamping itu, keharidan Underpass Kentungan ini akan memperlancar akses menuju kawasan wisata Kaliurang” kata Basuki.

Basuki juga mengatakan underpass ini juga bertujuan untuk mengurai simpul kemacetan akibat pertemuan lalu lintas dari empat arah antara Jalan Kaliurang dengan Jalan Padjajaran. Pada Underpass Kentungan ini juga telah disediakan fasilitas U-turn yang bisa digunakan dalam kondisi darurat.

Sementara, Dinas Perhubungan (Dishub) DIY terus memastikan bahwa Underpass Kentungan ini aman untuk dilalui kendaraan. Salah satunya adalah dengan survei kesiapan yang telah dilakukan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Kretek 2 dan Underpass Kentungan Cs Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Muhammad Syidik Hidayat juga telah membenarkan beroperasinya underpass tersebut. Hanya saja, operasional underpass masih dalam masa uji coba (trial).

“Sampai kapan masa trial? Kalau tidak ada permasalahan akan dibuka seterusnya” kata Syidik.

Baca Juga : Program Satu Juta Rumah untuk Tukang Cukur hingga Marbot Masjid

Memiliki panjang 900 meter. bangunan underpass ini terdiri dari konstruksi terowongan sepanjang 224 meter, jalan pendekat arah timur dan barang masing-masing 386 meter dan 288 meter.

Underpass Kentungan ini dibangun dengan menggelontorkan anggaran Rp101,6 miliar dari APBN, dengan kontraktor pelaksana adalah PT Istaka Karya. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo