Ini Dia 7 Tanaman Hias untuk Dekorasi di Depan Rumah

image

Propertinews.id, TangerangTanaman hias depan rumah dapat memberikan keindahan tersendiri baik bagi pemilik rumah maupun bagi tamu yang datang. Tanaman hias depan rumah juga memberikan berbagai manfaat seperti mengurangi debu dari jalan utama, menyegarkan udara, dan memberikan suasana lebih segar dan alami.

Tak hanya itu, tanaman hias depan rumah juga dipercaya dapat memperbaiki mood penghuni serta menjadi salah satu hobi yang sehat. Merawat tanaman hias depan rumah merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus melepaskan stress. Kegiatan menyirami dan merawat tanaman hias depan rumah dipercaya dapat merelaksasi tubuh dan pikiran. Jadi tanaman hias depan rumah menyimpan segudang manfaat bagi Anda.

Baca Juga: Tips Membuat Tampilan Rumah Menjadi Lebih Asri

Apa saja tanaman hias yang dapat Anda manfaatkan sebagai dekorasi di depan rumah? Propertinews.id merangkum 10 tanaman hias yang dapat Anda pilih untuk mempercantik tampilan di depan rumah.

Tanaman Bunga Kertas (Bugenville)

Bunga kertas atau yang nama latinnya bugenville ini memang sangat populer untuk dijadikan tanaman hias di depan rumah. Warnanya yang cerah serta perawatannya yang mudah menyebabkan bunga ini sangat populer di tengah masyarakat. Anda dapat menanamnya di tanah secara langsung, dengan mempersiapkan medium tanah. Anda juga harus mempersiapkan campuran tanah humus dan pasir untuk menanam bunga satu ini.

Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria)

Tanaman lidah mertua adalah tanaman hias yang juga populer di tengah masyarakat. Sama seperti tanaman bunga kertas, tanaman lidah mertua cukup mudah dirawat. Namun selain memberikan keindahan, tanaman lidah mertua juga menyimpan segudang manfaat lain. Lidah mertua membersihkan udara lebih baik dari tanaman lain. Tanaman ini menyerap lebih banyak karbon monoksida dan dioksida yang berbahaya untuk Kesehatan. Selain itu, tanaman hias depan rumah ini menghasilkan oksigen lebih efektif daripada tanaman hias depan rumah lainnya, sehingga merawat tanaman hias ini di depan rumah dapat memperbaiki kualitas udara lebih efektif.

Tanaman Hias Sri Rezeki (Chinese Evergreen)

Tanaman hias Sri Rejeki atau Chinese Evergreen dipercaya dapat mendatangkan rezeki yang melimpah bagi pemiliknya. Tanaman ini juga sangat populer di tengah masyarakat Indonesia. Banyak varietas tanaman sri rezeki yang bisa Anda pilih seperti tanaman hias sri rezeki jenis Pride of Sumatra, Legacy, Lipstick dan banyak lagi. Tanaman ini juga memiliki manfaat yang banyak, lho! Seperti membersihkan udara dan juga sebagai anti bakteri yang dapat menekan jumlah populasi spora jamur hingga 50%. Jadi jika Anda memiliki halaman yang lembab, tanaman ini dapat menjadi solusi untuk menghilangkan jamur yang membandel.

Tanaman Hias Kuping Gajah (Anhturrium Cristallinum)

Daun Anthurium crystallinum berukuran besar dan berbentuk hati. Inilah yang membuatnya disebut sebagai tanaman kuping gajah. Daunnya ditopang oleh tangkai kecil yang tegak berdiri ke atas. Warna hijau pekatnya ditemani tulang daun berwarna putih kehijauan. Tanaman ini berasal dari Amerika dan berkarakteristik memiliki jumlah daun yang lebat dengan ukuran mencapai 20 sampai 40 cm. Tanaman ini juga dapat dijadikan obat untuk meredakan pembengkakan, mempercepat penuaan bisul, menghilangkan stres, dan berfungsi juga sebagai obat relaksasi.

Tanaman Karet Kebo

Tidak hanya dijadikan sebagai hiasan, karet kebo dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Biasanya karet kebo dijadikan obat minum untuk melancarkan peredaran darah dan penghilang rasa sakit, atau biasa disebut dengan obat analgesic. Adapun ciri dari tanaman karet kebo, berbeda dengan jenis tanaman hias berdaun lainnya karet kebo memiliki daun yang cenderung besar dengan warna hijau keunguan. Selain itu, adapun batangnya dari setiap tanaman yang tumbuh tegak lurus dan tidak memiliki cabang. Setiap batangnya hanya diisi dedaunan saja, di alam liar sendiri karet kebo mampu tumbuh dengan ketinggian hingga 3 m. sedangkan jika Anda menanamnya sendiri di rumah, karet kebo hanya mampu tumbuh hingga setinggi 1 m saja.

Tanaman Hias Bunga Anggrek

Anggrek di Indonesia rata-rata hidup secara epifit. Artinya, ia menumpang di tanaman lain tapi tidak merugikan. Hal ini membuat tanaman cantik satu ini membutuhkan perlakuan khusus agar tumbuh maksimal, sehingga untuk merawat tanaman hias ini Anda harus mempersiapkan tempat hidup yang ideal. Letakkan tanaman anggrek di lingkungan kelembapan dan cahaya yang pas. Untuk tanaman anggrek, pencahayaan harus berkisar antara 50% hingga 70%. Media tanam anggrek harus tersusun dari dua sisi agar bunga anggrek dapat terlihat lebih sehat dan berbunga banyak. Susunan tersebut terdiri dari potongan batu bata yang mengisi satu per tiga bawah dan pakis mengisi dua per tiga sisanya.

Tanaman Palem Kuning

Palem kuning adalah salah satu jenis tanaman yang sering dijumpai di pekarangan rumah. Biasanya, palem kuning digunakan sebagai elemen dekorasi agar bagian depan rumah terlihat lebih indah dan elegan. Daunnya yang berbentuk menyirip berwarna hijau dan pelepah kuning terang menjadi alasan banyak orang menyukai jenis palem kuning ini. Palem kuning memang paling cocok tumbuh di lingkungan beriklim tropis seperti Indonesia, karena itu Anda tidak perlu ragu untuk menanam tanaman ini. Jika Anda memiliki tanaman palem kuning, Anda dapat membuat batangnya sebagai inang dari tanaman hias anggrek diatas. (ADR)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo