Sudah 95 Persen, Kementerian PUPR Targetkan Bendungan Tapin Selesai Tahun Ini

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menambah pembangunan bendungan baru di sejumlah wilayah untuk mendukung ketahanan air dan pangan nasional. Saat ini, PUPR tengah menyelesaikan pembangunan Bendungan Tapin di Kapubaten Tapin, Kalimantan Selatan. Progres pembangunan bendungan ini sudah mencapai 95 persen, dan ditargetkan selesai pada tahun ini.

Baca Juga : Longsor Bogor, Pemerintah akan Relokasi 2,194 Rumah

Bendungan Tapin dibangun dengan tipe Timbunan Batu Zonal Inti Tegak dan memiliki kapasitas tampung 70,52 m3. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, dengan selesainya Bendungan Tapin akan berpotensi memberikan layanan irigasi di Kabupaten Tapin sebesar 5,472 hektare.

“Pembangunan bendungan diikuti oleh pembangunan jaringan irigasinya. Dengan demikian, bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat bermanfaat karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani” kata Basuki.

Bendungan Tapin dilengkapi dengan akses jalan masuk sepanjang 21 km dengan lebar 7 meter, kantor pengelola, rumah dinas, tempat ibadah, toilet, gardu pandang, dan rumah genset.

Untuk bendungan utama memiliki tinggi 70 meter dengan konstruksi terowongan pengelak sepanjang 430 meter, cofferdam setinggi 29 meter serta spillway (pelimpahan) sepanjang 234 meter dan lebar 10-19 meter.

Pembangunan bendungan ini telah dimulai sejak akhir tahun 2015 dengan memakan biaya sebesar Rp1,058 triliun.

Keberadaan bendugan ini diharapkan dapat menyediakan air baku untuk wilayah Rantau yang menjadi Ibu Kota Kabupaten Tapin sebesar 500 liter/detik, meredukasi banjir sebesar 107 m3/detik, konservasi air (ground water recharge), destinasi wisata di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Tapin, dan sumber air untuk PLTA sebesar 3,30 MW. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo