146 Rumah Tak Layak Huni di Mempawah Dapat Bantuan Perbaikan dari Pemerintah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan bantuan perbaikan rumah melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada 146 rumah tak layak huni (RTLH) di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan I Direktorat Jenderal Perumahan Kemeterian PUPR Andy Suganda dalam keterangan tertulisnya mengatakan, program ini terbukti efektif mengurangi jumlah rumah tidak layak huni sekaligus menggerakkan perekonomian lokal.

“Telah dilakukan pembongkaran untuk rumah tidak layak huni milik masyarakat untuk ditingkatkan kualitasnya melalui program ini. Program ini merupakan program bantuan pertama yang diluncurkan di Kabupaten ini dengan dipimpin langsung oleh Bupati Kabupaten Mempawah” katanya.

Baca Juga : Per 13 Agustus, Tol Belmera Resmi Gunakan Tarif Terbaru

Adapun nilai bantuan yang diberikan untuk setiap rumah adalah Rp17.500.000. Dengan total keseluruhan anggaran yang dikucurkan adalah sebesar Rp2,555 miliar. Nantinya, anggaran ini tidak diberikan dalam bentuk uang tunai, melainkan berupa bahan bangunan dan upah kerja.

Dalam kegiatan tersebut juga pihak BP2P Kalimantan I juga melakukan penyerahan buku tabungan Program BSPS kepada calon penerima bantuan program. Hal tersebut dikarenakan dalam penyalurran program tersebut, pihak Kementerian PUPR bekerjasama dengan sejumlah bank penyalur dan nantinya bantuan akan diserahkan kepada penerima bantuan berupa bahan material bangunan serta upah tukang.

Penyaluran Program BSPS di Mempawah ini akan disalurkan untuk 2 kecamatan yakni Kecamatan Sungai Kunyit sebanyak 54 unit dan Kecamatan Mempawah Hilir sebanyak 92 unit rumah.

Berdasarkan data yang ada, hingga tahun 2020 ini di Kabupaten Mentawah masih terdapat sekitar 6.619 unit rumah yang tidak layak huni dan butuh ditingkatkan kualitasnya. Program bedah rumah yang dilaksanakan di dua kecamatan ini sekaligus sebagai percontohan dan pilot project untuk program selanjutnya. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo