200 Rumah Tak Layak Huni di Ciamis Dapat Bantuan Program Bedah Rumah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Berdasarkan data dari Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis, jumlah rumah tak layak huni (RTLH) di Ciamis masih terbilang banyak, yakni mencapai 40 ribu unit. Berdasarkan hal tersebut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan bantuan bedah rumah melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk 200 unit rumah, dengan total anggaran mencapai Rp3,5 miliar.

Bantuan ini tersebar di tiga lokasi, yakni di Banjaranyar sebanyak 100 unit, Banjarsari sebanyak 50 unit, dan di Cisaga sebanyak 50 unit. Masing-masing penerimaan program BSPS dari pusat ini mendapatkan bantuan stimulan sebesar Rp17,5 juta untuk perbaikan rumah.

Adapun penerima bantuan bedah rumah ini merupakan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang tentu saja memenuhi persyaratan yang telah dibuat yaitu, berstatus Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah berkeluarga, memiliki atau menguasai tanah dengan alas hak yang sah.

Selain itu, penerima bantuan juga belum memiliki rumah atau memiliki dan menempati rumah satu-satunya dengan kondisi yang tidak layak huni, belum pernah mendapat bantuan serupa dari pemerintah, serta berpenghasilan paling banyak sebesar upah minimum daerah provinsi. Para penerima juga harus bersedia berswadaya dan membentuk Kelompok Penerima Bantuan (KPB) dengan pernyataan tanggung renteng.

Baca Juga : Resmi, Besok Jokowi akan Resmikan Jalan Tol Manado - Bitung

Tercatat, di tahun 2020 ini Pemerintah Kabupaten Ciamis berhasil menyerap anggaran sekitar Rp20 miliar lebih untuk perbaikan sekitar 1.300 unit RTLH di Ciamis.

Selain terserap melalui program BSPS, anggaran tersebut juga diserap lewat program rumah tidak layak huni Dinas PUPR Provinsi Jawa Barat dan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Adapun dari bantuan RTLH Provinsi, Ciamis mendapatkan bantuan sebanyak 780 unit yang dibagi ke dalam 38 desa. Masing-masing desa mendapatkan jatah sebanyak 20 unit. Saat ini, untuk bantuan RTLH dari pemerintah provinsi sedang dalam proses pengajuan pencarian, dan diitargetkan bisa terealisasi di bulan Agustus mendatang.

Untuk bantuan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Ciamis mendapatkan bantuan sebanyak 159 unit rumah di 5 desa, dan masing-masing desa mendapatkan bantuan 31 unit rumah. (ZH)


Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo