Resmi, Besok Jokowi akan Resmikan Jalan Tol Manado – Bitung

image

PropertiNews.id, Tangerang – Rampung dikerjakan, pemerintah dapat memastikan Jalan Tol Manado – Bitung, Sulawesi Utara siap beroperasi untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN) akibat pandemi Covid-19. Rencananya, peresmian ini akan dilaksanakan pada Rabu, 22 Juli 2020 dan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Sudah pasti (peresmiannya). Pak Presiden kira-kira jam 11.30 WITA sudah berada di jalan tol. Besok, dirinya akan berangkat ke Manado bersama-sama dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk melihat persiapan peresmiannya” kata Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Triono Junoasmono.

Jalan bebas hambatan yang dikembangkan oleh PT Jasa Marga Manado Bitung ini telah mengantongi surat keputusan (SK) pengoperasian dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif ini akan dapat mengurangi biaya logistik.

“Selain itu juga dapat meningkatkan daya saing produk dalam negeri sehingga akan memacu pertumbuhan ekonomi kawasan dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru.”, kata Basuki dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga : Perumnas Fokus Selesaikan Lebih dari 46 Proyek Rumah Tapak di Beberapa Wilayah

Adapun lokasi untuk dilakukan peresmian ini direncanakan berada di gerbang tol Kauditan. Bentangan tol yang akan diresmikan adalah sepanjang 21 kilometer, bermula dari gerbang tol Manado dan berakhir di gerbang tol Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara.

Jalan tol ini memiliki panjang keseluruhan yakni 39,9 kilometer dan akan berakhir di Kota Bitung. Ini akan menjadi tol terpanjang di Sulawesi. Adapun belum tersambungnya tol secara keseluruhan adalah karena masih dalam tahapan konstruksi dan pembebeasan lahan di beberapa titik. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo