2021, Kementerian PUPR Targetkan BP Tapera akan Salurkan 75 Ribu Unit Rumah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  (PUPR) menyampaikan bahwa Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) akan mulai disalurkan pada tahun 2021 mendatang. PUPR sendiri menargetkan akan menyalurkan pembiayaan sebanyak 75.000 unit di tahun depan.

Bantuan pembiayaan rumah ini terbagi menjadi tiga bagian yakni Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT), dan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM).

Direktur Jenderal (Dirjen) Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Eko Djoeli Heripoerwanto mengatakan, untuk FLPP disediakan anggaran sebesar Rp16,6 triliun untuk 157.500 unit rumah. Kemudian BP2BP sebesar Rp1,59 triliun untuk 39.996 unit rumah dan SBUM sebesar Rp630 miliar untuk 157.500 unit rumah.

“Di luar itu Tapera sendiri menurut target di RPJM 2020 – 2024, ini di tahun 2021 mempunyai target sebesar 75.000 unit” kata Eko Djoeli dalam diskusi daring Indobank bertajuk “Persiapan BP Tapera Dalam Pengembalian Dana Taperum”.

Dalam kesempatan tersebut, Eko juga menyampaikan arah kebijakan sektor perumahan pada 2020-2024 sebagaimana diamanatkan dalam rencana strategis (Renstra) dan RPJMN yakni meningkatkan akses masyarakt secara bertahap terhadap perumahan sebesar 70 persen pada 2024.

Baca Juga: Masa Pandemi, 21.501 Unit Apartemen di Jakarta Tak Laku Dijual

Untuk mempercepat target tersebut, pihaknya akan menyasar sekitar 11 juta rumah tangga. Dari jumlah itu, sebanyak 7,8 rumah tangga existing dan sebanyak 3,2 juta rumah tangga baru. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo