2021, Pengembang Optimis Sektor Properti Bisa Tumbuh Hingga 30%

image

Propertinews.id, Tangerang Setelah sempat lesu selama 8 bulan terakhir karena dampak dari Pandemi Covid-19, sektor properti perlahan mulai menunjukkan kebangkitannya lagi. Hal ini terlihat dari kinerja yang mulai membaik pada Kuartal III/2020. Bahkan salah satu pengembang ternama di Indonesia mengatakan sektor properti diperkirakan akan tumbuh 20% hingga 30% pada tahun 2021 mendatang.

CEO Lippo Karawaci John Riady mengatakan, indikasi kebangkitan sektor properti sudah telihat dari pejualan properti di Lippo Karawaci. Ia juga menyampaikan, selama Kuartal III/2020, marketing sales di Lippo Karawaci mengalami peningkatan sampai dengan tiga kali lipat dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu. Menurutnya, kenaikan angka penjualan ini bisa dijadikan indikator membaiknya perekonomian nasional.

“Saya optimis di 2021 akan ada kenaikan 20% - 30% di sektor properti, jika pertumbuhan di mulai di awal tahun 2021 dan vaksin berjalan lancar. [Lalu] dengan PDB per kapita USD 2.500 - 3.500 saatnya penduduk memiliki kapasitas membeli rumah. Di Jakarta sendiri, tingkat kepemilikan rumahnya baru 48%, ini masih jauh dari negara tetangga seperti Malaysia, Tiongkok. Dalam delapan sampai sepuluh tahun ke depan hal ini akan mendorong sektor properti” kata John.

Baca Juga: Kuartal III/2020, Permintaan Properti Komersial Alami Peningkatan

Menurutnya, ada tiga tren yang akan mendorong pertumbuhan di sektor properti di 2021. Pertama, adanya sentimen positif akibat disahkannya UU Cipta Kerja. Kedua, demografi penduduk Indonesia, dan ketiga kuatnya dukungan dari pihak perbankan dengan adanya fasilitas KPR dan KPA.

Ketua Umum DPP Real Estat Indonesia (REI), Totok Lusida juga optimis sektor properti akan kembali bergairah pada 2021. Sinyalemen itu seiring dengan optimisme pemerintah mematok pertumbuhan ekonomi berkisar 4-5% pada tahun depan. Selain itu, juga karena adanya stagnasi harga properti sejak 2013-2020 sehingga harga properti di Indonesia sangat murah dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya. Hal ini membuat para investor kemudian berani mengeluarkan investasi baru di bidang properti. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo