Kuartal III/2020, Permintaan Properti Komersial Alami Peningkatan

image

PropertiNews.id, Tangerang – Berdasarkan Survei Perkembangan Properti Komersial yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, permintaan properti komersial pada Kuartal III/2020 ini mengalami peningkatan. Adapun indeks Permintaan Properti Komersial tumbuh 0,36 persen year on year (yoy) meningkat dari 0,20 persen pada triwulan sebelumnya, walaupun masih lebih rendah 0,89 persen (yoy) pada triwulan III 2019.

Adapun kenaikan tersebut ditopang oleh perbaikan permintaan pada kategori sewa terutama karena adanya peningkatan pada segmen kompleks pergudangan sejalan dengan peningkatan kebutuhan pergudangan di Jakarta dan Bodetabek.

­e-commerce dan alat kesehatan merupakan lini usaha yang lebih sedikit terdampak kebijakan pemerintah terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diberlakukan sejak April 2020 di seluruh wilayah Jakarta.

Selain itu, meskipun masih tekontraksi, segmen hotel dan convention hall menunjukkan pebaikan permintaan didorong adanya beragam promosi seperti diskon harga, paket staycation, working hotel, dan paket akad pernikahan new normal. Sementara itu perlambatan justru terjadi pada segmen perkantoran strata dan lahan industri.

Baca Juga: BTN Dukung Himpunan Pengembang Nusantara untuk Percepat Pembangunan Sejuta Rumah

Apabila dilihat secara kuartal, indeks permintaan properti komersial pada Kuartal III/2020 tumbuh 0,33 persen (qtq), membaik dari kuartal sebelumnya yang -0,07% (qtq).

Peningkatan permintaan terutama didorong oleh kategori sewa pada seluruh segmen dengan perbaikan tertinggi terjadi pada segmen hotel dan kompleks pergudangan (properti logistik) yang masing-masing tumbuh 33,79 persen (qtq). (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo