7.724 Rumah Susun untuk Tujuh Provinsi Akan Dibangun Pemerintah Tahun Depan

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki rencana untuk membangun 7.724 unit rumah susun di tujuh Provinsi. Pembangunan tersebut merupakan target prioritas pembangunan untuk tahun depan.

“Dibangun di Provinsi Riau, Kepulauan Riau, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Utara” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI.

Basuki juga menambahkan, pada tahun 2021 mendatang juga akan ditambahkan sebanyak 2.640 unit rumah khusus di kawasan perbatasan, Kabupaten Banjar Baru, Kabupaten Morowali, dan Kabupaten Konawe Selatan.

Tidak hanya itu, pemerintah juga akan memberikan bantuan rumah swadaya sebanyak 111.300 unit yang tersebar di 33 provinsi. Kemudian pembangunan prasarana, sarana dan utilitas sebanyak 40 ribu unit bagi rumah umum dan komersial serta dukungan lainnya seperti pembangunan, pengaturan, pengawasan serta dukungan manajeman. Adapun anggaran yang dialokasikan sebesar Rp7,48 triliun.

Adapun rincian anggaran tersebut terdiri dari anggaran pembangunan rumah susun sebesar Rp3,51 triliun, kemudian rumah swadaya sebesar Rp2,51 triliun, anggaran bagi konstruksi rumah khusus sebesar Rp610 miliar. Lalu, total anggaran juga akan digunakan untuk rumah khusus dan komersial sebesar Rp410 triliun, dan dukungan lainnya sebesar Rp460 triliun.

Baca Juga : 98% Rampung, Tol Pekanbaru - Dumai Siap Beroperasi

Program perumahan dan kawasan pemukiman merupakan salah satu program dari Kementerian PUPR untuk tahun 2021 mendatang. Selain itu, ada juga keempat program lainnya yang mendukung seperti dukungan manajemen, program pendidikan dan pelatihan, program infrastruktur konektivitas dan program ketahanan sumber daya air.

Lima program tersebut merupakan hasil dari desain ulang yang dilakukan oleh Kementerian PUPR. Adapun caranya dengan menyederhanakan program, dari yang semua 13 program pada tahun 2020 menjadi hanya 5 program pada tahun 2021. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo