Agung Podomoro Land Lepas Sebagian Kepemilikan atas Mal Central Park

image

PropertiNews.id, Tangerang – Sebagian kepemilikan atas Mal Central Park yang berkolasi di Jakarta Barat, dilepas oleh pengembang properti nasional papan atas PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN). Penjualan aset tersebut meliputi hak milik atas satuan rumah susun (SHMSRS) dalam sebagian area komersil di Mal Central Park dan tanah seluas 1.047.750 meter persegi di Karawang.

Seperti yang dikutip dari keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), langkah penjualan asset dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dana perseroan untuk ekspansi usaha. Direktur Agung Podomoro Cezar M mengatakan, tujuan transaksi tersebut bagi perseroan adalah untuk mendukung beberapa rencana perseroan.

“Rencana dalam memperoleh pendanaan yang dapat digunakan oleh grup perseroan untuk keperluan belanja modal dan melakukan ekspansi usaha perseoran dan/atau anak perusahaan perseroan di masa yang akan dating” kata Cezar dalam surat kepada BEI yang dikutip oleh cnnindonesia.com.

Baca Juga: KAI Properti Kerjasama dengan Metland Kembangkan KAI Living 

Selain menjual asetnya di Central Park, dalam waktu bersamaan Agung Podomoro juga melego aset tanahnya yang berada di Kabupaten Karawang. Bidang tanah itu dikuasai BMI yang merupakan anak perusahaan APLN dengan kepemilikan 55 persen di daerah Karawang. Tanah dengan luas sekitar 1.047.750 meter persegi itu dijual kepada PT Karawang Tatabina Industrial Estate (KTIE). Transaksi ini bukan merupakan transaksi material, sebab nilai transaksi kurang dari 20 persen ekuitas.

Sementara berdasarkan dari laporan keuangan Agung Podomoro per September 2020, total ekuitas APLN mencapai Rp11,03 triliun. Sedangkan ekuitas yang dapat diatribusikan ke entitas induk mencapai Rp8,22 triliun. Sehingga bila dihitung berdasarkan total ekuitas, nilai kedua transaksi tersebut berkisar Rp2,2 triliun. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo