Akan Jadi Ikon Baru, Konstruksi PLBN di Boven Digoel Ditargetkan Rampung 2021

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah membangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yakni Yetetkun yang berada di Distrik Ninati, Kabupaten Boven Digoel, Papua. Pembangunan PLBN Yetetkun ini telah dimulai sejak 25 Februari 2020, dan ditargetkan rampung pada 17 Agustus 2021 mendatang. Nantinya, PLBN ini akan menjadi sebuah ikon baru.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan PLBN ini tidak hanya bertujuan sebagai pos lintas batas negara saja, namun juga akan didorong menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru. Dengan demikian, kehadiran PLBN akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan.

“Pembangunan PLBN tidak hanya sebagai gerbang masuk namun juga menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi di wilayah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan” kata Basuki.

Pembangunan PLBN Yetetkun merupakan bagian dari komitmen Pemerintah dalam menjalankan amanah Nawacita yang dicetuskan Presiden Joko Widodo pada lima tahun silam, yaitu “Membangun dari Pinggiran”.

Adapun pembangunan PLBN ini dilakukan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Papua Ditjen Cipta Karya yang terbagi menjadi zona inti dan sub inti. Lingkup pekerjaan pada zona inti meliputi gedung utama PLBN, pos pemeriksaan, pos gerbang, power house, mekanikal elektrikal dan plumbing (MEP), pengadaan peralatan X-Ray, dan Thermal Detection, dan portal.

Baca Juga : New Normal, Pemerintah Ajak Pengembang untuk Bangkitkan Kembali Sektor Properti

Tujuan dibangunnya PLBN ini akan berguna untuk menjadikan kawasan perbatasan negara yang sering juga disebut sebagai halaman belakangnya Negara Indonesia, dan akan mampu menjadi beranda depan yang dapat dibanggakan.

Wilayah Boven Digoel sendiri merupakan tempat bersejarah karena pernah mernjadi tempat pengasingan bagi pejuang Kemerdekaan Indonesia, termasuk Mohammad Hatta pada masa Kolonial Belanda yang berjarak sekitar 422 kilometer dari Kota Merauke. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo