Angkasa Pura II akan Bangun Terminal 4 Bandara Soekarno Hatta

image

PropertiNews.id, Tangerang – Presiden Joko Widodo meminta PT Angkasa Pura II (AP II) untuk membangun terminal 4 (T4) Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, investasi atau biaya pembangunan yang dikeluarkan mencapai Rp14 triliun.

“Nilai investasi saya perkirakan tidak akan kurang sekitar Rp12 triliun sampai Rp14 triliun untuk satu gedung terminal” kata Awaluddin.

Awaluddin juga menambahkan, Terminal 4 Bandara Soetta ini bisa menampung hingga 45 juta penumpang per tahun setelah selesai dibangun. Ini berarti, terminal 4 akan jadi terminal terbesar di bandara seluruh Indonesia.

Saat ini pihaknya tengah fokus menyelesaikan proses revitalisasi Terminal 1, Terminal 2, dan juga pembangunan Terminal 4. Adapun langkah-langkah yang akan dilakukan AP II antara lain mempercepat proses revitalisasi Terminal 1 dan Terminal 2.

Pemegang tender desain infrastruktur Terminal dipegang oleh perusahaan BUMN PT Bina Karya dengan perusahaan asal Korea, Yushin Engineering Corporation. Terminal yang akan dibangun di atas tanah sleuas 102 hektar ini, rencananya baru akan beroperasi secara penuh pada 2023.

Baca Juga : Lama Tak Dihuni, PUPR akan Serahkan Wisma Atlet Kemayoran ke Setneg

Dijelaskan, terdapat tiga tahapan desain dalam pembangunan Terminal 4, yakni conceptual design, basic design, dan detail engineering design. Ketiga jenis desain juga menjadi term of reference (TOR) yang ditetapkan operator bandara untuk menjadi panduan bagi konsultan peserta tender.

Penggarapan Terminal 4 itu akan dilakukan dengan menggandeng swasta. AP II membuka kesempatan untuk pihak swasta yang mau ikut bergabung menggarap proyek Terminal 4. (ZH) 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo