APPBI : 5 Juni, 73 Mal di Jakarta akan Beroperasi Kembali

image

PropertiNews.id, Tangerang – Mengacu pada Peraturan Gubernur (Pergub) No.489 Tahun 2020, periode pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akan berakhir pada 04 Juni 2020. Dengan begitu, menjelang pemberlakuan new normal 73 mal di Jakarta siap beroperasi kembali pada 5 Juni mendatang. Hal ini dipastikan langsung oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta.

Ketua APPBI Ellen Hidayat mengatakan, terdapat penambahan tujuh mal yang buka pada Jumat, 5 Juni dan dua mal pada Senin, 8 Juni 2020. Adapun mal yang tergabung dalam APPBI sebanyak 80 mal.

“Data ini akan terus bertambah. Belum lapor saja mereka ke sekretariat saya” kata Ellen.

Dibukanya kembali operasional mal di Jakarta ini, tetap mengedepankan standar operasional prosesdur (SOP) secara ketat. Seluruh pengunjung nantinya hanya akan diperbolehkan masuk separuh dari kapasitas mal seiring dengan penerapan protokol physical distancing atau menjaga jarak dengan orang lain, guna menekan penyebaran COVID-19.

Baca Juga : 19 Balai Perumahan Akan Dibentuk, Guna Dukung Program Sejuta Rumah

Walaupun mal akan dioperasionalkan kembali, namun untuk bioskop dan tempat hiburan lainnya belum segera dibuka. Untuk bioskop sendiri, saat ini sedang bersiap membuat SOP untuk beroperasional.

Sebelumnya, Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budiharjono Iduansjah mengungkapkan, mal di Jakarta akan beroperasional lagi sesuai dengan rencana pemerintah yang akan membuka kembali sejumlah fasilitas publik demi pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19.

Menanggapi dibuka kembali mal di Jakarta pada 5 Juni mendatang, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, tanggal pembikaan kembali mal di Jakarta belum bisa dipastikan begitu saja dan menunggu hasil evaluasi PSBB tahap ketiga.

“(Pembukaan mal mulai 5 Juni) tidak benar, itu tidak ada. Bahwa PSBB berakhir 4 Juni itu PSBB yang sekarang, tetapi PSBB bisa diperpanjang” ujar Anies.

Anies berpendapat, PSBB bisa saja diperpanjang sesuai dengan kebutuhan, dan bergantung pada kepatuhan masyarakat mengikuti aturan PSBB. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo