Arsitek Menara Kembar Petronas Cesar Pelli Meninggal Dunia

image

PropertiNews.id, Tangerang – Berita duka datang dari dunia arsitektur. Cesar Pelli, arsitek asal Argentina meninggal dunia pada usia 92 tahun di kediamannya di New Haven, Connecticut.

Pelli dikenal sebagai arsitek yang merancang sejumlah bangunan terkenal dunia. Menara Kembar Petronas yang berada di Kuala Lumpur, Malaysia merupakan salah satu bangunan yang dirancang oleh arsitek kelahiran 12 Oktober 1926 ini.

Ucapan bela sungkawa datang dari sejumlah tokoh kenamaan dunia, salah satunya adalah Presiden Argentina Mauricio Macri melalui akun Twitternya.

“Sejumlah gedung rancangannya telah menjadi warisan dunia, dan bagi Argentina ini adalah sebuah kebanggaan,” tulis Macri.

Dilansir dari Dezeen pada Minggu (21/7/2019), Pelli adalah seorang arsitek senior prinsipal di biro Pelli Clarke Pelli Architects.

Baca Juga: Dua Karya Arsitektur Asal Indonesia Menjadi Finalis Ajang Bergengsi Dezeen Awards 2019

Lahir pada tahun 1926 di Tucumán, Argentina Utara, Pelli menempuh pendidikan arsitektur di Universidad Nacional de Tucumán hingga akhirnya pindah ke Amerika Serikat untuk belajar di University of Illinois School of Architecture pada tahun 1952.

Pelli bekerja di studio Eero Saarinen seteleh kelulusannya dan bekerja selama sepuluh tahun untuk proyek-proyek termasuk Terminal TWA di Bandara JFK, yang belakangan dibuka kembali sebagai hotel.

Tumbuh pada era depresi Argentina, Pelli menanjak naik ke puncak tertinggi dunia arsitektur. Menara Petronas merupakan hasil karya Pelli dengan tinggi 452 meter yang menjadi salah satu bangunan tertinggi di dunia.

Selama masa karirnya, Pelli dikenal dengan gedung pencakar langit dan penggunaan kaca pada rancangannya.

Pengamat arsitektur Paul Goldberger menambahkan bahwa Pelli berperan penting dalam perkembangan arsitektur pencakar langit.

Baca Juga: Gedung Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya Masuk Nominasi Penghargaan Arsitektur Dunia

“Sangat sedih mendengar kepergiannya. Dia adalah seorang pria yang lembut dan ramah, beradab dalam kehidupan dan karyanya, serta seorang arsitek yang bermartabat tinggi dalam mengembangkan kreativitas,” tambah Goldberger.

Meski dikenal sebagai arsitek yang ahli dalam merancang gedung pencakar langit, Pelli lebih memilih tinggal di apartemen lantai 5 atau 6. Hal ini agar ia dapat melihat orang-orang, pohon, dan dunia di jalan. (RT)



Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo