Bangun Gedung Tertinggi di Indonesia, ACSET Lakukan Topping-Off

image

PropertiNews.id, Tangerang – PT Acset Indonusa Tbk (ACSET) bersama dengan PT Putragaya Wahana (PGW) melakukan seremoni topping-off gedung Thamrin Nine Tower 1 pada Kamis, 15 Oktober 2020 kemarin. Adapun gedung Thamrin Nine Tower 1 ini digadang-gadang menjadi gedung tertinggi di Indonesia dan ditargetkan rampung pada 2021 mendatang.

Seremoni dilakukan di lantai 70 gedung tersebut, yang secara simbolis menyatakan bahwa konstruksi telah dilakukan hingga bagian atap gedung. Sementara konstruksi lanjutan hingga lantai 75 masih akan terus dilakukan hingga proses serah terima dilakukan oleh ACSET kepada PGW selaku pemberi kerja/owner pada tahun 2021.

Presiden Direktur ACSET, Idot Supriyadi mengatakan, pada saat selesai dibangun pada tahun 2021 mendatang, gedung Thamrin Nine Tower 1 ini akan memiliki ketinggian hinga 385 meter. Tinggi ini meliputi ketinggian dari lantai dasar (ground level) hingga bagian crown dan menara gedung. Selain itu, gedung Thamrin Nine Tower 1 ini juga dilengkapi dengan 6 lantai basement.

Sehubungan dengan strukturnya yang supertall, ACSET menggunakan beberapa material dan teknik konstruksi khusus yang tergolong tidak cukup umum di industri konstruksi Indonesia. Salah satunya penggunaan belt truss dan outrigger yang sangat besar pada lantai 35 – 36 dan 55 – 57 untuk mendukung ketinggian gedung.

“ACSET bangga mendapat kepercayaan menjadi kontraktor dari sebuah gedung landmark perstisius di Indonesia. Ke depannya, kami optimis bahwa ACSET mampu menghasilkan karya lainnya yang menjadi kebanggaan bangsa”, kata Idot.

Baca Juga: Anak Usaha Spring Hills Bersama BTN Dorong Penyaluran KPR

Selain itu, ACSET juga memilih metode cast-in-situ dibandingkan pre-cast untuk melakukan konstruksi kolom dari tingkat dasar hingga tingkat menengah gedung untuk meningkatkan resistensi gedung terhadap gempa bumi. Selain dilengkapi dengan fitur anti-gempa, gedung Thamrin Nine Tower 1 juga sudah memenuhi standar wind load test untuk memastikan ketahanan struktur gedung supertall terhadap angin. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo