Bedah 230 Unit Rumah di Padang, Kementerian PUPR Keluarkan Anggaran Rp4,025 M

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali memberikan bantuan perumahan berupa Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah untuk 230 unit rumah tidak layak huni (RTLH) di Padang Pariaman, Sumatera Barat. Adapun anggaran yang dikeluarkan PUPR untuk bantuan ini sebesar Rp4,025 miliar.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Wilayah Sumatera III, Zubaidi mengatatakan, pelaksanaan bedah rumah di Padang Pariaman ini akan dilaksanakan di tiga kecamatan.

Adapun rinciannya adalah Kecamatan Batang Anai Nagasari Kasang dan Ketaping sebanyak 100 unit, Kecamatan Sungai Limau Nagari Guguak dan Pilubang sebanyak 80 unit, dan Kecamatan Enam Lingkung Parit Malintang sebanyak 50 unit.

“230 unit rumah tidak layak huni di Kabupaten Padang Pariaman siap kami bedah dan tingkatkan kualitasnya agar layak huni. Diharapkan (program ini) dapat mendorong semangat gotong royong masyarakat dalam membangun rumah layak huni” kata Zubaidi dalam keterangan tertulisnya.

Masing-masing unit rumah yang dibedah akan menerima bantuan Peningkatan Rumah Swadaya sebesar Rp17,5 juta yang terdiri dari Rp15 juta untuk bahan bangunan, dan Rp2,5 juta untuk upah tukang.

Baca Juga : Di Tengah Pandemi, BTN Permudah Relaksasi Aturan Pembangunan Rumah Subsidi

Dalam kegiatan tersebut juga akan dilaksanakan pemasangan peneng Program BSPS pada salah satu rumah masyarakat penerima bantuan perumahan 2020 di Nagari Guguak Hilia, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman.

Program BSPS ini diadakan oleh pemerintah untuk mewujudkan rumah yang layak huni, serta bantuannya tepat sasaran, tepat prosedur, tepat waktu, pemanfaatan dan akuntabel.

Masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan rumah, kegotongroyongan, dan keberlanjutan kegiatan merupakan beberapa pinsip dari pelaksanaan program BSPS atau bedah rumah ini. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo