Bersama PPDPP, BTN Percepat Proses Digitalisasi KPR Subsidi

image

PropertiNews.id, Tangerang – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus mendorong optimalisasi digitalisasi pada layanan jasa perbankan. Hal ini juga selaras dengan digitalisasi yang dilakukan oleh mitra strategisnya yang mana dalam hal ini adalah Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pengoptimalan layanan salah satunya menggunakan sistem eLoan. Sistem internal BTN ini bertugas memproses kredit platform SiKasep milik PPDPP.

Sistem ini juga sekaligus aplikasi verifikasi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang berhak mendapatkan fasilitas subsidi perumahan.

“Hari ini BTN dan PPDPP meluncurkan sistem terintegrasi atau Host to Host Onboarding eLoan dan SiKasep PPDPP. Jadi MBR yang mengajukan KPR Bersubsidi dapat mendaftar SiKasep menggunakan sistem eLoan BTN dengan bantuan petugas bank dari tahapan pendaftaran hingga pemilihan unit rumah idaman” kata Direktur Consumer & Commercial Lending BTN, Hirwandi Gafar dalam keterangan tertulisnya.

Hirwandi juga menjelaskan, sebelum adanya sinkronisasi oleh Bank BTN ini, proses pendaftaran SiKasep oleh MBR hanya dapat dilakukan pada aplikasi di ponsel. Namun, banyak MBR yang terkendala perangkat, jaringan dan masalah lainnya sehingga menyebabkan proses pendaftaran menjadi terhambat.

Kendala lainnya juga petugas bank harus melakukan input ulang data yang sebelumnya telah dimasukkan oleh MBR di aplikasi SiKasep ke sistem eLoan BTN sehingga menyebabkan proses pelayanan menjadi tidak efisien.

Baca Juga: Tahap Pertama Rampung, Impian Habibie Bangun Mega Superblok di Batam Terwujud

Setelah dikembangkannya Host to Host Onboarding Sistem eLoan dengan SiKasep, Hirwandi menambahkan keuntungan didapat dengan adanya sinkronikasi antara SiKasep dan eLoan adalah memperbanyak kanal akses bagi MBR untuk dapat mengakses aplikasi SiKasep PPDPP, mempercepat proses karena calon debitur yang mengajukan permohonan KPR Subsidi tidak perlu memasukkan berulang kali data yang sama baik pada aplikasi SiKasep maupun eLoan BTN sehingga meminimalkan kegagalan proses yang disebabkan ketidaksesuaian data antara aplikasi SiKasep PPDPP dengan eLoan BTN. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo