Danau Toba akan Punya Ikon Baru yakni Jembatan Aek Tano Ponggol

image

PropertiNews.id, Tangerang – Untuk mendukung pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatera Utara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini sudah memulai pekerjaan konstruksi dari Jembatan Aek Tano Ponggol. Jembatan yang nantinya memiliki panjang 294 meter ini, digadang-gadang akan menjadi ikon baru di Danau Toba.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN/DPSP direncanakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur.

“Prinsipnya adalah mengubah wajah kawasan dilakukan dengan cepat, terpadu, dan memberikan dampak bagi ekonomi lokal dan nasional” kata Basuki dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Dinyatakan Bangkrut, Perusahaan Ritel Raksasa Debenhams Tutup Permanen

Pembangunan Jembatan Aek Tano Ponggol yang dibangun oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Sumatera Utara ini akan menghubungkan pulau Sumatera dengan Pulau Samosir.

Tano Ponggol merupakan satu-satunya akses darat untuk menuju Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba, selain angkutan air. Desain jembatan tersebut akan mengadopsi kearifan lokal adat Batak dengan perkiraan ketinggian ideal jembatan sekitar 8-9 meter dari permukaan danau.

Selain pembangunan jembatan tersebut, telah dilakukan pula pekerjaan pelebaran alur Tano Ponggol oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II, Ditjen Sumber Daya Air (SDA) dari 25 meter menjadi 80 meter sepanjang 1,2 kilometer sehingga dapat dilewati oleh kapal pesiar.

Adapun tipe struktur jembatan yang digunakan adalah cable stayed dengan tiga tiang tungku tersebut. Proyek ini dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT Wijaya Karya (Persero) Tbk bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2020-2022 senilai Rp157 miliar. (ZH) 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo