Di Tengah Wabah COVID-19, BTN Beri Keringanan dengan Restrukturisasi Target KPR

image

PropertiNews.id, Tangerang – Di tengah wabah COVID-19 yang sedang melanda Indonesia, Bank Tabungan Negara (BTN) melakukan revisi atau restrukturisasi kredit. Salah satunya merevisi target pertumbuhan kredit pemilikan rumah (KPR) non-subsidi dan komersial menjadi kisaran 0-3 persen. Sementara KPR subsidi diperkirakan 6-8 persen.

Direktur Finance, Planning, & Treasury Bank BTN Nixon L.P. Napitupulu mengatakan, perseroran khawatir akan dampak ekonomi yang lebih dalam terhadap debitur, yang akhirnya tidak dapat memenuhi kewajibannya untuk mengangsur.

“Dalam kondisi seperti saat ini, perseroan lebih memilih langkah untuk peningkatan efisiensi, memperkuat cadangan dan likuiditas agar tetap berjuang” tulis Nixon dalam siaran pers BTN.

Nixon juga menambahkan, proyeksi diberlakukannya restrukturisasi kredit tersebut juga bergantung pada periode berakhirnya COVID-19. Di beberapa daerah yang amakn dari penyebaran COVID-19, penyaluran kredit masih tetap berjalan.

Baca Juga : Tol Pandaan-Malang Seksi V Resmi Beroperasi, Kini Masih Diberlakukan Tanpa Tarif 

Hingga saat ini, BTN telah melakukan restrukturisasi kredit kepada lebih dari 17.000 debiturnya. Bukan tidak mungkin hal ini akan terus meningkat, mengingat banyak debitur yang mengajukan restrukturisasi kredit ke bank dengan kode saham BBTN yang mencapai puluhan ribu. Permohonan tersebut diajukan debitur secara daring (online).

Namun, tidak semua debitur dapat menikmati kebijakan tersebut. Karena sesuai arahan pemerintah, aturan tersebut hany berlaku bagi deibut yang benar-benar terdampak COVID-19.

BTN juga mengaku berhati-hati dalam menjaga likuiditas. Yaitu dengan memastikan cadangan dana tetap aman sekaligus meningkatkan pendapatan komisi melalui transaksi treasuri.

BTN sendiri menganggarkan dana sekitar Rp20 triliun yang juga merupakan cadangan likuiditas perseroan. Kondisi normal biasanya dianggarkan hanya sekitar Rp13 triliun dan saat ini likuiditas ditingkatkan menjadi sekitar 30 persen. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo