Diberikan Mandat oleh Pemerintah, SMF Diminta Dorong Sektor Perumahan

image

PropertiNews.id, Tangerang – Perusahaan pembiayaan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) mendapatkan mandat dari pemerintah berupa terobosan dan upaya untuk mendukung sisi suplai sektor perumahan bagi seluruh masyarakat. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan dukungan penyaluran fasilitas pinjaman kepada pengembang dalam bentuk kredit konstruksi.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, bahwa sebelum pandemi, backlog kepemilikan rumah mencapai 11 juta lebih, dan saat dampak COVID-19 telah berakibat pada perlambatan untuk permintaan perumahan.

“Kami terus meminta PT SMF, BTN dan dukungan seluruh pemangku kebijakan termasuk PUPR dan dukungan Kementerian lainnya dan dukungan dunia usaha untuk bersedia dan mencari terobosan baru untuk tingkatkan demand” kata Suahasil.

Sementara itu, Direktur Utama PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) Ananta Wiyogo mengatakan, perluasan mandat tersebut diberikan melalui perbaikan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 101 Tahun 2016.

“Kami akan membantu supply side di sektor perumahan kepada pengembang dimana kami mendapatkan perluasan mandat dari Pemerintah” kata Ananta.

Dalam perbaikan Perpres tersebut, SMF yang dulunya mendukung pembiyaan untuk rumah siap huni, saat ini mendukung supply side di sektor perumahan. Pemberian fasilitas pinjaman ini dilakukan untuk menambah jumlah pasokan rumah, mendukung pembangunan rumah, serta menurunkan angka backlog perumahan karena kurangnya pasokan rumah.

Sektor perumahan memiliki peran sangat penting karena memberikan efek berganda terhadap sektor lainnya untuk ikut tumbuh. Oleh sebab itu, diperlukan koordinasi antara entitas keuangan dan sektor perumahan agar dapat menggerakan ekonomi nasional.

Baca Juga : Sektor Perumahan Diyakini Dapat Dongkrak Pemulihan Ekonomi Nasional

Ananta juga menambahkan, pihaknya telah mengeluarkan beberapa terobosan agar dunia usaha perumahan kembali bergeliat. Salah satunya dengan mendukung penyediaan likuiditas bagi pembiayaan kepemilikan rumah.

Adapun sepanjang semester I tahun 2020 ini, SMF telah berhasil menyalurkan pinjaman kepada penyalur KPR sebesar Rp4,2 triliun. Selain itu, SMF juga berperan dalam mengurangi beban fiskal pemerintah dengan membiayai porsi 25% pendanaan KPR FLPP. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo