Sektor Perumahan Diyakini Dapat Dongkrak Pemulihan Ekonomi Nasional

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pandemi COVID-19 berdampak pada sektor ekonomi yang menurun tajam. Kolaborasi antara berbagai entitas keuangan dan sektor perumahan sangat dibutuhkan karena diyakini dapat mendongkrak pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia Suahasil Nazara mengatakan, program pemulihan ekonomi nasional merupakan bagian dari kebijakan yang ditempuh pemerintah untuk memitigasi dampak pandemi COVID-19. Terutama dampak terhadap ekonomi yang mengalami penurunan tajam.

“PEN juga digelontorkan untuk industri perumahan mengingat dampak lanjutan yang besar dari akselerasi di sektor tersebut. Untuk itu, sektor perumahan perlu terus melakukan terobosan dan instrumen baru karena sektor ini punya multiplier effect ke 170 industri lainnya. kami harapkan dengan upaya tersebut dapat meningkatkan permintaan dari sektor lain sehingga mendorong pemulihan ekonomi” kata Suahasil.

Ssementara itu, menurut Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) Pahala Nugraha Mansury, sektor perumahan juga dapat menyerap jumlah tenaga kerja yang cukup besar. Jika untuk membangun satu rumah butuh dua tenaga kerja, maka jika ada 100.000 rumah yang dibangun, sudah bisa menyerap 200.00 pekerja.

“Dengan bekerja tentu mereka memperoleh penghasilan. Dan penghasilan inilah yang akan menaikkan daya beli mereka sehinga ekonomi akhirnya bisa bergerak” kata Pahala.

Baca Juga : Unsur Transit Oriented Development Telah Terpenuhi di Perkampungan Jakarta

Selain itu, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Eko D Heripoerwanto menjelaskan, pihaknya telah menggelontorkan berrbagai skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Bersubsidi. Diantaranya adalah Subsidi Selisih Bunga (SSB), Fasilitas Llikuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), dan Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT). Skema tersebut diberikan untuk mendongkrak industri perumahan subsidi tanah air.

Hingga kini, pemerintah juga telah memberikan berbagai stimulus untuk mendongkrak sektor perumahan. Stimulus tersebut diberikan untuk menggarap angka backlog perumahan di Indonesia sekaligus mengakselerasi program PEN. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo