Ditargetkan Selesai 2021, Progres Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa Utara Capai 73%

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah menyelesaikan proyek pembangunan bendungan Kuwil Kawaangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Adapun hingga saat ini, progres pembangunannya sudah mencapai 73% dan ditargetkan rampung sepenuhnya pada Agustus 2021 mendatang.

Pembangunan bendungan ini merupakan bagian dari pengedalian banjir Kota Manado dan sekitarnya untuk debit banjir 470 meter kubik per detik, di mana pernah terjadi banjir bandang pada tahun 2014 lalu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, saat ini bendungan masih menunggu masalah teknis pada pondasinya.

“Semula total investasi senilai Rp1,4 triliun, tapi karena ada masalah teknik yang tidak diduga, di bawah permukaan tanah, jadi ada penambahan dana sebesar 10%” kata Menteri Basuki.

Adapun langkah yang dilakukan untuk mengatasi kendala tesebut, Basuki menjelaskan pihaknya akan membangun diafragma wall, yang akan mulai dikerjakan pada Kamis (23/7) atau Jumat (24/7) besok. Diafragma wall ini ditargetkan bisa selesai dalam dua hingga tiga bulan ke depan.

Adapun progres Paket I Bendungan Kuwil Kawangkoan ini sudah mencapai 64,5% dan Paket 2 sudah mencapai 83,7%. Jadi, jika di total secara keseluruhan, progresnya telah mencapai 73%.

Baca Juga : Kementerian PUPR Lakukan Sosialisasi Balai Penyediaan Perumahan di Kalimantan Barat

Bendungan Kuwil Kawangkoan ini juga dimanfaatkan untuk penyediaan air baku bagi Kota Manado, Kecamatan Kalawat, Kota Bitung dan KEK Bitung sebesar 4,5 meter kubik per detik. PLTM dengan kapasitas 2 x 0.70 MW serta pengembangan pariwisata.

Bendungan Kuwil Kawangkoan memiliki kapasaitas tampung 23,37 juta meter kubik dan luas genangan 139 hektare. Bendungan ini sudah dibangun sejak 2016 lalu yang dikerjakan oleh PT Wijaya Karya – DMT, KSO, PT Nindya Karya (Persero) Tbk. (ZH)

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo