Ditargetkan Selesai 2022, Pengerjaan Konstruksi Tol Semarang-Demak Capai 10,56%

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah membangun proyek Tol Semarang-Demak sepanjang 27 kilometer. Progres konstruksi Tol Semarang-Demak untuk Seksi II saat ini sudah mencapai 10,56 persen dan ditargetkan bisa selesai pada Juni 2022.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Tol Semarang-Demak terintegrasi dengan tanggul laut untuk menanggulangi banjir rob di Semarang.

“Beberapa waktu lalu Tol Trans Jawa diresmikan dari Merak sampai dengan Pasuruan dan akan kami teruskan hingga ke Banyuwangi. Kami juga membangun Tol Semarang-Demak yang digabungkan dengan tanggul laut sekaligus untuk menanggulangi rob di Semarang” kata Basuki.

Baca Juga : Kementerian PUPR Rekonstruksi Pasar Legi dengan Mengusung Konsep Bangunan Hijau

Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak ini dilakukan dengan menggunakan skema Kerja Sama Badan Usaha dengan Pemerintah (KPBU). Jalan tol ini nantinya terbagi menjadi dua seksi yakni Seksi I Semarang – Sayung dengan panjang 10,69 km yang merupakan dukungan pemerintah, dan Seksi II Sayung – Demak sepanjang 16,31 km yang merupakan tanggung jawab Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak.

Pembangunan Seksi I sendiri masih dalam proses pengajuan Green Book dan penyusunan Desain Rencana Teknik Akhir (RTA). Sementara progres pembangunan Seksi II sudah mencapai 30,35 persen untuk pembebasan lahan, dan 10,56 persen untuk pengerjaan fisik. Konstruksi Seksi I direncanakan selesai pada akhir 2022.

Basuki juga menjelaskan, fokus pembangunan Kementerian PUPR pada lima tahun ke depan adalah menghubungkan jalan tol dengan kawasan-kawasan strategis seperti pelabuhan, bandara, kawasan industri, dan kawasan pariwisata. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo