Gencar Luncurkan Program Padat Karya Tunai, PUPR Telah Serap 387.549 Tenaga Kerja

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus besinergi menyalurkan dan mempercepat program Padat Karya Tunai (PKT) untuk menstimulasi perekonomian secara langsung ke masyarakat. Adapun hingga 23 Juli 2020, melalui program ini PUPR telah menyerap sebanyak 387.549 orang tenaga kerja dengan total saluran anggaran sebesar Rp4,8 triliun atau 42,7% untuk program rutin PKT.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, program PKT ini dilaksanakan melalui pembangunan infrastruktur yang melibatkanmasyarakat atau warga setempat sebagai pelaku pembangunan khususnya infrastruktur berskala kecil atau pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan bantuan teknologi.

“Tujuan utama PKT untuk mempertahankan daya beli masyarakat di pedesaan atau mendistribusikan dana pembangunan ke desa-desa. Pola pelaksanaan PKT nanti  juga harus memperhatikan protokol physical & social distancing untuk pencegahan penyebaran Covid-19 ” kata Basuki.

Diketahui, anggaran PKT PUPT utamanya dibelanjakan melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI), Pemeliharaan Rutin Jalan dan Jembatan, serta Pembangunan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW).

Program lainnya yang juga termasuk dalam PKT ialah penataan Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R), Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas), Pembangunan Baru dan Peningkatan Kualitas Rumah Swadaya.

Basuki juga menambahkan, terdapat 18 kegiatan atau program infrastruktur yang pelaksanaannya diubah dengan metode padat karya dengan durasi kerja 30 sampai dengan 100 hari. Kegiatan tersebut diantaranya di Bidang Sumber Daya Air (SDA) seperti dukungan manajemen BBWS/BWS, operasi dan pemeliharaan sarana dan prasarana SDA, pengelolaan bendungan, danau, dan bangunan penampung air lainnya, dan lain-lain, serta pengembangan/rehabilitasi jaringan irigasi.

Baca Juga : Program SIBARU Diluncurkan, Pemda Diminta Tingkatkan Penyediaan Sejuta Rumah

Untuk di bidang perumahan sendiri, melalui kegiatan peningkatan kualitas Prasarana dan Sarana Umum (PSU) di komplek perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk 303 penerima manfaat yang tersebar di 69 lokasi.

Dan untuk Bidang Cipta Karya di 274 lokasi meliputi kegiatan pengembangan kawasan permukiman, pembangunan dan rehabilitasi prasarana pendidikan, pengembangan sarana prasarana olahraga, dan pasar. Begitu juga dengan pembinaan dan pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), penataan bangunan dan lingkungan. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo