Hingga Akhir November, Realisasi Program Padat Karya Bedah Rumah Capai 93%

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Perumahan terus menggelar program padat karta melalui Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah, dengan tujuan meningkatkan kualitas rumah masyarakaat. Adapun hingga 26 November 2020, realisasi BSPS telah mencapai 93.46 persen atau senilai Rp4,47 triliun. Melalui program ini, jumlah tenaga kerja yang telah terserap adalah sebanyak 287.006 orang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, program BSPS atau bedah rumah ini dilakukan dengan metode Padat Karya Tunai (PKT). Tujuannya adalah unntuk mempertahankan daya beli masyarakat dan mengurangi angka pengangguran.

“Ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat berpenghasilan rendah untuk menghuni rumah yang layak, sekaligus membuka lapangan pekerjaan sebagai tukang untuk rehabilitasi rumah. Saya harap program ini dapat meningkatkan kualitas hidup para penerima bantuan dengan memiliki rumah yang lebih layak, sehat, dan nyaman” kata Basuki.

Baca Juga: Sasar Milenial, Lippo Karawaci Luncurkan Hunian Berupa Soho Flex/Space Lippo

Untuk Provinsi Yogyakarta sendiri, Kementerian PUPR mengalokasikan penerima bantuan Program BSPS sebanyak 5.000 rumah tidak layak huni. Dari angka tersebut, sekitar 3.555 unit rumah sudah selesai dibangun, dan masih ada sekitar 1.445 unit rumah lagi yang masih dalam proses penyelesaian pembangunan.

Sebagai informasi, bentuk bantuan program bedah rumah yang diberikan ini tidak berupa uang tunai, melainkan bahan bangunan yang digunakan untuk membangun. Adapun rincian biaya yang dikeluarkan untuk peningkatan kualitas adalah Rp15 juta untuk material bahan bangunan, dan Rp2,5 juta untuk upah tukang. Sehingga total biaya yang dikeluarkan untuk peningkatan kualitas rumah swadaya (PKRS) satu unit hunian adalah sebesar Rp17,5 juta. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo