Hingga Pertengahan November 2020, Realisasi Belanja Infrastruktur PUPR Capai 73%

image

PropertiNews.id, Tangerang – Hingga pertengahan November, tepatnya 16 November 2020, realisasi anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencapai 73,05 persen dan 75,02 persen untuk pembangunan fisik. Adapun Kementerian PUPR terus melanjurkan program kerja melalui belanja infrastruktur seperti pemabangunan dan pemeliharaan bendungan, irigasi, jalan, jembatan, sanitasi, sistem air minum, penataan kawasan, infrastruktur di kawasan strategis pariwisata, rumah MBR dalam rangka meningkatkan daya saing sekaligus menjadi stimulus bagi sektor rill untuk tetap bertahan pada masa Pandemi Covid-19.

“Progres ini jauh lebih besar dibandingkan pertengahan November 2019, realisasi keuangan hanya 58,61% dan realisasi fisik 65,6%. Anggaran belanja Kementerian PUPR pada tahun 2020 sendiri telah mengalami realokasi dan refocusing program akibar pandemi sebesar Rp44,5 triliun, dari pagu semula yang mencapai Rp120,21 triliun” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Namun demikian, pagu kembali meningkat menjadi Rp87,83 triliun karena adanya peluncurran SBSN, percepatan loan, hingga program Pemulihan Ekonomi Nasional atau PEN.

Baca Juga: Ikon Baru Batam akan Dibangun Ilham Habibie untuk Pikat Wisatawan Asing

Total anggaran tahun 2020 tersebut terdiri dari program reguler sebesar Rp74,41 triliun dan program pembangunan infrastruktur dengan skema Padat Karya Tunai (PKT) melalui 16 program dengan anggaran sebesar Rp13,42 triliun. program tersebut diantaranya untuk pembangunan irigasi kecil, sanitasi, jalan produksi, dan rumah swadaya.

Khusus untuk program PKT dengan target penerima manfaat sebesar 638.990 orang, hingga pertengahan November 2020 realisasi belanja PKT mencapai Rp12,20 triliun atau sekitar 98,7 persen.

Memasuki akhir tahun yang merupakan tahun pertama Periode Pembangunan Nasional 2020-2024 Kabinet Indonesia Maju, Menteri Basuki menyampaikan berbagai pembangunan infrastruktur yang telah siap diresmikan. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo