Imbas COVID-19, Sektor Penjualan Perumahan di Banten Menurun Drastis

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kondisi pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia memberikan dampak yang cukup serius juga bagi sektor properti khususnya perumahan. Seperti menurunnya tingkat penjualan hunian berupa perubahan di Provinsi Banten.

Riset yang dilakukan oleh Indonesia Property Watch (IPW) menyatakan bahwa secara umum tingkat penjualan pasar perumahan primer di wilayah Banten yang terdiri dari Serang, Cilegon, dan Tangerang Raya mengalami penurunan cukup tajam dari sisi jumlah unit maupun nilai penjualan pada kuartal I-2020 dibandingkan kuartal sebelumnya.

“Nilai penjualan pasar perumahan Banten menukik 49,5 persen dan diperkirakan berlanjut pada triwulan berikutnya. Penurunan ini terendah dalam 2 tahun terakhir” kata Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch, Ali Tranghanda dalam laporan yang diterima oleh Kompas.com.

Ali juga menambahkan, nilai penjualan perumahan wilayah Banten di kuartal I-2020 merosot tajam menjadi Rp391,62 miliar atau turun sebesar 49,5 persen (qtq).

Nilai tersebut juga lebih rendah 42,4 persen (yoy) dibandingkan kuartal yang sama pada tahun lalu. Adapun penurunan tertinggi terjadi di wilayah Serang sebesar 56,8 persen, lalu Tangerang sebesar 49,6 persen, dan Cilegon mengalami penurunan sebesar 26,2 persen.

Baca Juga : Colliers Indonesia: Sektor Sewa Perkantoran di CBD Jakarta Ikut Kena Imbas COVID-19

IPW juga mencatat bahwa ada penurunan pertumbuhan permintaan untuk hunian. Selain itu, pasar end user dengan segmen harga murah juga ikut turun. Rumah yang harganya di bawah Rp300 juta justru mengalami penurunan paling besar di antara kelas hunian lainnya dengan penurunan permintaan mencapai 62,4 persen.

Sementara segmen atas yang notabene investor tetap mempunyai daya beli dan bahkan dapat menjadi ‘penyelamat’ pasar perumahan saat situasi pandemi virus corona mulai membaik.

Sebelumnya telah diberitakan juga bahwa penjualan hunian vertikal di Jakarta dan Surabaya juga mengalami penurunan selama kuartal pertama pada tahun 2020. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo