Jumlah Tersertifikasi Masih Kecil, Broker Properti di Jatim Diminta Kantongi Sertifikasi

image

PropertiNews.id, Tangerang – Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, meminta para broker properti di Jawa Timur (Jatim) untuk mengantongi sertifikasi properti. Hal ini dikarenakan masih sedikitnya jumlah broker properti atau agen properti di Jatim yang tersertifikasi. Baginya, hal ini harus menjadi konsentrasi bersama, agar semua broker properti di Jatim bisa tersertifikasi.

Adaya sertifikasi properti oleh broker bisa menumbuhkan kepercayaan yang lebih lagi kepada broker. Tak hanya itu, sertifikasi juga bisa menjadi bukti agen properti tersebut profesional dan berstandar nasional. Dampak selanjutnya, broker properti akan mampu bersaing di pasar global.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi Broker Properti Nasional, Tritan Saputra mengatakan, persaingan antar broker properti saat ini masih cukup ketat. Untuk memenangkannya, diperlukan keahlian khusus agar mampu menarik konsumen, dan hal tersebut bisa dicapai jika seorang broker telah tersertifikasi.

“Kenyataannya, jumlah broker properti yang tersertifikasi sangat kecil, tidak sampai 10%. Harapan kami, semua broker harus memiliki sertifikat kompetensi broker properti agar dalam bekerja bisa sesuai dengan standar kompetensi” Kata Tritan.

Adapun standar kompetensi yang dimaksud adalah yang telah ditetapkan oleh Kepmenaker Nomor 343 Tahun 2015. “Sebenarnya aturannya telah ada, tetapi implementasi belum maksimal. Ini perlu dukungan dari DPR RI”, lanjut Tritan.

Baca Juga: Bangun Gedung Tertinggi di Indonesia, ACSET Lakukan Topping-Off

Tritan menambahkan, standar kompetensi tersebut juga berfungsi untuk menjembatani antara pengembang atau developer dengan pembeli atau buyer  yang merupakan warga negara asing (WNA) agar mereka mengetahui kebijakan dan peraturan tentang kepemilikan properti di Indonesia. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo