Kementerian PUPR akan Selesaikan Rekonstruksi Jembatan Sukadana Selama 4 Bulan

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga akan menyelesaikan rekonstruksi Jembatan Gantung Sukadana yang terletak di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Sebelumnya, jembatan ini tergerus aliran sungai yang deras saat banjir. PUPR menargetkan rekonstruksi jembatan ini akan selesai selama 4 bulan ke depan.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VI Jakarta Ditjen Bina Marga, Hari Suko Setiono mengatakan, peninjauan langsung ke lepangan sudah dilakukan oleh Kementerian PUPR untuk mempersiapkan pembongkaran Jembatan Sukadana. Pembongkaran dilakukan untuk mengamankan aset agar kondisi jembatan tidak semakin rusak.

“Kami juga membuat rencana penanganan baik terhadap daerah aliran air sungai, bangunan pengaman maupun rekonstruksi jembatan gantungnya” kata Hari Suko.

Rekonstruksi jembatan iini diharapkan akan meningkatkan konektivitas masyarakat yang tinggal di Kecamatan Ciawigebang dan Jepara Kabupaten Kuningan serta Kecamatan Serdong Kabupaten Cirebon.

Baca Juga : Pengerjaan Capai 96 Persen, Ruas Tol Pekanbaru - Dumai Segera Rampung

Untuk konstruksi, Jembatan Sukadana merupakan jembatan gantung simetris dengan panjang bentang 120 meter. pondasinya menggunnakan desain sumuran tunggal berdiameter 3,5 meter dengan kedalaman 6 meter.

BBPJN VI Jakarta juga melakukan upaya penanganan permanen agar jembatan dapat berfungsi seperti semula sebagai penghubung Desa. Keberadaan jembatan ini sangat penting untuk menggerakkan sektor rill dan dapat mempertahankan daya beli masyarakat serta mengurangi pengangguran di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi global akibat pandemi covid-19.

Sebelumnya, pondasi jembatan ini tergerus aliran sungai pada Kamis (9/4) pukul 16.00 WIB, yang menyebabkan konstruksi jembatan runtuh. Insiden tersebut juga mengakibatkan satu warga terluka. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo