Kementerian PUPR Bangun 53 Rumah Khusus untuk Warga Terdampak YIA

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan membangun 53 unit rumah khusus (Rusus) untuk masyarakat yang tanah dan rumahnya terdampak pembangunan Yogyakarta International Airport (YIA).

Direktur Rumah Khusus Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, R Johny Fajar Subrata mengatakan, Kementerian PUPR telah membangun Rusus di Kabupaten Kulonprogo sejak tahun 2017 lalu. Hingga saat ini setidaknya sudah ada sekitar 103 unit Rusus yang dibangun Kementerian PUPR untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kulonprogo.

“Rusus ini diperuntukkan kepentingan atau keperluan khusus termasuk mendukung program pemerintah termasuk mendukung lokasi terdampak bencana dan keperluan khusus lainnya”, kata Johny.

Johny juga memaparkan, Rusus yang dibangun tersebut berada di Dusun Sewates, Kelurahan Kaligintung, Kulon Progo. Adapun rumah yang dibangun merupakan tipe 36 meter persegi. Selain itu, rumah khusus ini juga dilengkapi dengan jaringan listrik, air bersih, drainase, serta jalan lingkungan yang baik. Saat ini kondisi Rusus tersebut telah selesai dibangun dan akan mulai dihuni oleh masyarakat yang berhak menampati rumah tersebut

Baca Juga: Prospek Properti Bergeser ke Timur, Bekasi Miliki Potensi Cukup Besar

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Wilayah Jawa III Mochamad Mulya Permana menaytakan, rumah khusus di Kaligintung ini dibangun pada tahun 2019 lalu dan merupakan hasil kerja sama Pemerintah Provinsi D.I Yogyakarta dengan Kementerian PUPR.

Rusus ini dapat menampung sekitar 212 jiwa. Total alokasi dana pembangunan Rusus tersebut mencapai Rp8,16 miliar. Setiap rumah dibangun di atas lahan seluas 80 meter persegi. Adapun Rusus tersebut juga sudah dilengkapi dengan ruang tamu, ruang keluarga, dua kamar tidur, dan satu kamar mandi. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo